Mohon tunggu...
roland sitorus
roland sitorus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

bola sepak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Budaya Daerah Melalui Media Pertukaran Mahasiswa

24 September 2022   03:05 Diperbarui: 24 September 2022   03:53 34 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu program yang diselenggarakan dan dikelola oleh Tim Program PMM Kemendikbud Ristek pada Tahun 2022 dimana terjadinya pertukaran mahasiswa dalam negeri selama satu semester dari satu pulau ke pulau lainnya guna memberikan pengalaman kebhinekaan melalui keikutsertaan dalam Modul Nusantara. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas pengalaman terkait Modul Nusantara.

Sabtu (3/09), telah dilaksanakan kegiatan Modul Nusantara pertama kami di Taman edukasi kebangsaan Universitas Jember. Kami melakukan perkenalan singkat dahulu. Menariknya, kami melakukan perkenalan budaya daerah asal kami dengan bermain ular tangga. Mekanisme nya adalah, setiap ada orang yang jalan,setelah melempar dadu, maka kawan kelompok yang lain dipersilahkan bertanya mengenai budaya atau ciri khas dari daerah orang yang bermain.

Gambar 1. Bermain ular tangga

Sabtu (10/9) kegiatan modul nusantara kedua ini mahasiswa dibawa ke museum huruf guna mengenal asal muasal huruf nusantara yang digunakan hingga hari ini. Selain itu, para mahasiswa diajak untuk menonton film “bhako” dimana film ini menceritakan kehidupan petani tembakau di jember, itu sebabnya banyak tembakau khas jember yang sudah terkenal di tanah air ini.

dokpri
dokpri
Gambar 2. Diskusi dengan narasumber terkait museum huruf

Minggu (11/9). hari ini mahasiswa melakukan modul nusantara ke wisata alam rembangan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk berdiskusi mengenai makanan khas jember sehingga mahasiswa lain PMM 2 UNEJ memahami makanan khas Jember dengan cita rasanya yang unik. Disini mahasiswa juga dibawa untuk menikmati view perbukitan dan perkebunan yang terbentang di sekitar wisata Rembangan, Jember.

dokpri
dokpri
Gambar 3 view wisata Rembangan, dengan sebuah es cream ditangan

Menarik bukan :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan