Mohon tunggu...
ROIS MUZAKKY
ROIS MUZAKKY Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis untuk menua

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Siaran Radio Jadi Maksimal, Jika Lakukan Hal-hal Ini

9 Desember 2022   19:11 Diperbarui: 9 Desember 2022   19:14 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Menjadi penyiar radio jika dilihat dari kegiatan terlihat mudah, namun bagi yang belum terbiasa tentu menjadi hal yang sangat membingungkan. Bagaimana tidak ? Seorang penyiar radio diharuskan berbicara dengan narasi yang dapat dipahami, menggunakan suara yang baik, dan dapat menggerakkan mood pendengarnya. 

Di Indonesia sendiri penyiar terkenal bermunculan mulai dari Desta, Surya Insomnia, Gofar hilman yang mana mereka sebelum menjadi bintang di televisi memulai karirnya dengan menjadi penyiar radio. Pada dasarnya untuk menjadi penyiar radio yang paling utama adalah minat disusul dengan skill lain yang dapat di asah seiring berjalannya waktu. 

Berbicara mungkin mudah jika kita lakukan, tapi bagaimana jika itu dilakukan dengan banyak orang sebagai pendengar ? Mungkin anda berfikir itu sesuatu yang sulit, karna anda takut dengan hal-hal yang tidak diinginkan seperti blibet, menyampaikan topik yang tidak jelas, grogi, dan lain-lain. 

Untuk menjadi penyiar sebenarnya tidak dilakukan didepan orang banyak namun disisi lain kita menggunakan radio sebagai media dan apa yang kita sampaikan didengar oleh ribuan orang. Maka dari itu kita butuh persiapan untuk Melakukan siaran agar lebih enjoy, maksimal dan dapat menggerakkan mood pendengarnya

1. Melakukan senam mulut

Aktivitas siaran umumnya didominasi oleh mulut kita, mulut pasti banyak melakukan gerakan-gerakan untuk berbicara agar terhindar dari blibet kamu wajib melakukan senam mulut. Senam mulut bisa dilakukan dengan mengucap huruf vokal dari a, i, u, e, o, diulang dengan tensi semakin cepat. Bisa juga dilakukan dengan mengucapkan "kuku kaki kakaku kaku-kaku" disebutkan secara berulang-ulang dan tensi semakin cepat. 

2. Melakukan pernafasan

Pernafasan berguna untuk merilekskan tubuh dan membuat nafas kita lebih panjang. Saat kita berbicara tentu kita juga harus lihai mengatur nafas semakin panjang nafas semakin baik juga kita dalam berbicara, apalagi berbicara saat siaran radio. Kita bisa melakukan pernafasan sederhana dengan menarik nafas dalam-dalam melalui hidung lalu keluarkan perlahan melalui mulut hal ini kita lakukan berkali-kali.

3. Mempersiapkan materi penyiar

Materi siaran adalah hal penting yang tidak bisa dianggap remeh. Berhasil atau tidaknya kita siaran bergantung materi yang disampaikan. Untuk itu kita perlu mempersiapkan materi siaran dengan matang. Materi dapat meliputi tema lalu poin apa yang harus disampaikan tidak lupa menyertakan iklan secara lisan saat siaran merupakan bagian dari materi yang harus di telaah terlebih dahulu 

4. Menyiap lagu yang digunakan untuk mengisi program

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun