Kesehatan Pilihan

Sosialisasi "Quiz and Play" sebagai Bentuk Upaya Meningkatkan Kebersihan di SDN 3 Gunung Jati

11 Juli 2018   13:00 Diperbarui: 11 Juli 2018   20:03 450 0 0
Sosialisasi "Quiz and Play" sebagai Bentuk Upaya Meningkatkan Kebersihan di SDN 3 Gunung Jati
Kegiatan Quiz and Play pada sesi ice breaking

11 Juli 2018 

Malang - Menurut DEPKES (2009) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau dikenal dengan PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang  dilakukan  atas  dasar  kesadaran sehingga  anggota  keluarga  atau  keluarga  dapat  menolong  dirinya  sendiri  dalam  hal  kesehatan  dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. 

Pada dasarnya PHBS dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti rumah, sekolah, tempat umum, dan institusi kesehatan. Masing-masing tempat memiliki sasaran dan kegiatan yang berbeda untuk menerapkan PHBS yang tepat. Salah satunya adalah cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar agar terhindar dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan.

Menggosok gigi merupakan salah satu kegiatan yang mencerminkan PHBS di lingkungan rumah, dan mencuci tangan dengan benar termasuk dalam penerapan PHBS di berbagai tempat, seperti di rumah, sekolah, dan tempat umum lainnya. 

Mempraktikkan kedua kegiatan tersebut menjadi sebuah kebiasaan dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari tentu akan meningkatkan kualitas kesehatan bagi pelakunya. Oleh karena itu perlu adanya upaya meningkatkan kesadaran PHBS pada semua masyarakat, terutama kalangan anak-anak yang merupakan generasi masa depan yang akan tumbuh dan menjadi kalangan yang menentukan keadaan di masa depan. Salah satu upaya meningkatkan kesadaran PHBS pada anak-anak dilakukan di Desa Gunung Jati.

Desa Gunung Jati adalah suatu wilayah dengan berbagai potensi dan keunggulan meski tetap memiliki permasalahannya tersendiri, salah satunya adalah potensi wilayah berupa jumlah penduduk generasi muda yang tinggi, tetapi memiliki permasalahan berupa rendahnya kesadaran terhadap PHBS menyebabkan kualitas kesehatan yang rendah pula. 

Oleh karena itu, maka mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang bekerja sama dengan warga sekitar dan perangkat desa untuk mewujudkan generasi muda yang berperilaku mencerminkan PHBS yang baik. Salah satu upaya di atas adalah melakukan sosialisasi berbasis play and quiz mengenai cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar bagi siswa SD di Desa Gunung Jati.

Proses penyampaian materi menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar
Proses penyampaian materi menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar
Kegiatan sosialisasi dilakukan di SDN 3 Gunung Jati sebagai lokasi pelaksanaan dikarenakan antusias dan partisipasi aktif dari seluruh warga sekolah sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Selama pelaksanaan, kegiatan sosialisasi memiliki berbagai sesi yang mendukung yaitu penyampaian materi, praktik mencuci tangan, ice breaking, dan quiz. Selama kegiatan berlangsung antusias dan sikap aktif siswa sangat tinggi sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat dilihat dari sikap siswa yang aktif. Pada kesempatan berikutnya siswa sudah dapat menerapkan cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar di kehidupan sehari-hari.

Pada masa mendatang diharapkan kebiasaan mempraktikkan cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar dapat berubah menjadi perilaku yang mencerminkan sikap PHBS yang berpengaruh positif terhadap lingkungan masyarakat sekitar. 

Hal ini dapat diwujudkan dengan kesadaran yang tertanam dan keberlanjutan hasil sosialisasi bagi generasi berikutnya. Semakin kompleks kondisi lingkungan maka kebutuhan akan PHBS semakin tinggi sehingga bekal dari masa saat ini dapat mengantarkan generasi saat ini untuk menghadapi masa mendatang.

Praktik mencuci tangan yang benar di depan kelas
Praktik mencuci tangan yang benar di depan kelas