Mohon tunggu...
Rofinus D Kaleka
Rofinus D Kaleka Mohon Tunggu... Orang Sumba. Nusa Sandalwood. Salah 1 dari 33 Pulau Terindah di Dunia. Dinobatkan oleh Majalah Focus Jerman 2018

Orang Sumba, Pulau Terindah di Dunia

Selanjutnya

Tutup

Musik

Claudia Emmanuela Santoso Harumkan Nama Indonesia di Ajang The Voice Germany 2019

3 Desember 2019   09:26 Diperbarui: 3 Desember 2019   09:36 0 2 0 Mohon Tunggu...
Claudia Emmanuela Santoso  Harumkan Nama Indonesia di Ajang The Voice Germany 2019
Foto, sumber sreeahoot dari Kompas.Com, 29 November 2019, Claudia Bintang Tamu di The Voice Indonesia 2019

Sudah beberapa waktu yang lalu, saya ingin menulis catatan seperlunya tentang eksistensi sosok Claudia Emmanuela Santoso, gadis cantik asal Cirebon, dalam kiprahnya di ajang kompetitif berkelas internasional, The Voice Germany 2019. Dalam ajang ini, Claudia menjadi pemenangnya. 

Saya pribadi mencatatnya sebagai prestasi luar biasa yang diraih oleh Claudia. Ia memang mengikuti ajang itu atas nama pribadi, namun kepiawaiannya dalam bernyanyi sampai menjadi juara di ajang itu, sungguh mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia tercinta ini. Barangkali patut dan pantaslah jika kita memberinya apresiasi yang setinggi-tingginya. Profisiat untukmu ananda tersayang Claudia.

Anak muda bangsa seperti Claudia ini sungguh dapat memberi inspirasi bagi anak-anak muda bangsa Indonesia lainnya, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri, bahwa peluang untuk mengukir prestasi dan mengharumkan nama bangsa pada level internasional terbuka luas. Bukan hanya di bidang musik saja, tapi bidang-bidang lainnya pun dapat ditekuni dan dikejar. 

Memang tidak mudah. Tapi juga tidak ada yang mustahil. Syaratnya, tentu wajib disiplin dalam belajar dan latihan secara terus-menerus. Selalu optimis dan penuh percaya diri. Cerdas melihat peluang. Hindari asal tabrak saja. Tentu masih banyak lagi syaratnya. 

Intinya, persiapkan diri supaya menjadi sosok berkelas internasional, tanpa harus meniadakan nilai-nilai keindonesiaan dan juga etnik kedaerahan nusantara.

Hai para pemuda-pemudi Indonesia berjuanglah dan berprestasilah untuk dirimu sendiri dan untuk kepentingan bangsa dan negaramu.

Jika Claudia bisa, maka kamu pun pasti bisa juga.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x