Mohon tunggu...
Robingatul Ngadawiyah
Robingatul Ngadawiyah Mohon Tunggu... Petani - Pendidikan

UIN WALISONGO SEMARANG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menikah Itu dengan Tepat atau Cepat?

13 November 2020   16:00 Diperbarui: 13 November 2020   16:04 44 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikah Itu dengan Tepat atau Cepat?
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menikah itu dengan tepat atau cepat?
Pernahkah diantara kalian yang merasa menjadi bahan omongan orang-orang saat sudah tua tapi belum nikah? Ada juga ngga sih dari kalian yang menjadi bahan omongan orang-orang karena masih muda tapi sudah menikah? berdasarkan artikel yang pernah saya baca di humairoh.com  Menikah bukanlah suatu perlombaan yang mana yang menikah lebih cepat itulah pemenangnya. 

Bagi yang sudah menikah jangan terlalu merasa berbangga dengan capaiannya karena pernikahan bukanlah sebuah akhir dari kehidupan, tetapi pernikahan adalah sebuah awal dari perubahan kehidupan. 

Dan bagi kalian yang belum menikah nikmati saja dulu proses penantian panjanmu yang Maha Pengasih sedang mempersiapkan pasangan yang terbaik untukmu. Selanjutnya tidak usah terlalu memperdulikan omongan orang-orang jadikan omongan mereka adalah bumbu agar kita menjadi lebih baik.

Pernikahan adalah sebuah ibadah terpanjang dalam kehidupan kita di dunia. Oleh karena itu butuh persiapan yang matang sebelum mengikrarkan janji suci tersebut. Namun, sering kali dari kita memaknai menikah itu dilihat dari umurnya, Padahal pernikahan bukanlah soal tua atau muda. 

Dewasa adalah syarat yang harus di penuhi sebelum menikah, karena pernikahan adalah sakral. Ketika ada suatu masalah sikap kedewasaanlah yang sangat berperan dalam pernikahan. Sedangkan kedewasaan seseorang bukan dilihat dari seberapa tua umur orang tersebut. Selain dari kedewasaan, nikah dalam istilah Jawa juga disarankan agar untuk memilih pasangannya dari 3 hal yakni Bibit Bebet dan Bobot. Jadi, jangan sampai kita salah pilih orang sebagai teman kita  dalam mengarungi bahtera rumah tangga yang panjang itu.

Bagi yang belum menikah, jangan tergesa-gesa dan jangan merasa minder. Jangan biarkan omongan dan sindiran orang-orang berhasil mempengaruhi fikiranmu dan membuatmu mengambil keputusan yang kurang tepat. Jangan asal dalam mengambil keputusan, karena jika terjadi sesuatu dalam keputusanmu, kelak kamu juga lah yang akan merasakan penyesalan itu. 

Dalam Islam juga sudah dijelaskan mengenai hukum-hukum menikah, Jangan sampai hukum menikahmu menjadi haram yaa karena sekedar menuruti sindiran orang-orang. Tanamankan pada fikiranmu gapai dulu tujuan, impian dan cita-citamu masalah jodoh sudah ada yang mengaturnya tunggu saja wasilah yang datang dari Allah.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x