Mohon tunggu...
Rizqi Fadlilah
Rizqi Fadlilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Budaya Sedekah Bumi

26 Juni 2022   20:14 Diperbarui: 26 Juni 2022   20:17 52 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                                                  "Sedekah Bumi di Desa Honggosoco"
                                                                                                Kudus, 25 Juni 2022- Desa HonggosocoAcara sedekah bumi ini diselenggarakan oleh masyarakat setempat sebagai bukti rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa atas hasil bumi yang telah dilimpahkan. Sedekah bumi ini diselenggarakan di Punden Mbah Sumur Bandung yang diisi dengan kegiatan seperti kenduri doa bersama dan pagelaran wayang di halaman punden. Acara pagelaran wayang dimulai habis dzuhur dan dilanjut malam hari setelah isya sampai menjelang adzan subuh dan acara kenduri doa bersama dilakukan setelah ashar.

Dalam sedekah bumi desa honggosoco ini berbeda dengan sedekah bumi sebelumnya yang mana tahun kemarin tidak ada acara rame-rame dikarenakan adanya covid 19.

Sedekah bumi bagi kebanyakan orang Jawa sudah tidak asing lagi. Hal itu merupakan tradisi desa sebagai peninggalan nenek moyang. Seperti yang terjadi di salah satu Desa di Kecamatan Jekulo, tepatnya di desa honggosoco semua masyarakat berdatangan berkumpul untuk memperingatinya.

Melalui tradisi ini warga berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Allah Yang Maha Kuasa. Sedekah bumi atau apitan ini juga dilakukan untuk mempererat tali persaudaraan antar warga. Selain itu sedekah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya Jawa. Di desa Honggosoco, setiap tahunnya biasa mengadakan kegiatan tradisional tersebut dengan hiburan wayang siang dan malam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan