Mohon tunggu...
Muhamad RizkyRamdan
Muhamad RizkyRamdan Mohon Tunggu... Rizky Ramdan

Seorang travel blogger & travel vlogger yang memiliki passion berpetualang baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sedang menempuh pendidikan S3 Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Bromo Ditutup Wulan Pituan Car Free Month

29 Januari 2020   11:17 Diperbarui: 29 Januari 2020   11:36 31 0 0 Mohon Tunggu...

Bromo ditutup, buat anda wisatawan yang ingin menggunakan open trip bromo ataupun paket wisata bromo untuk kegiatan gathering

Ingin Liburan ke Bromo? Yuk Segera Rencanakan, Sebelum Wulan Kepitu Tiba!

Anda berencana untuk pergi berlibur ke Bromo diantaran bulan Januari dan Februari ini? Nah, sebaiknya perkirakan jadwal anda dengan baik terlebih dahulu. Mengapa demikian? Pada 24 Januari -- 24 Februari, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan menerapkan Bulan Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Month (CFM). Pelaksanaan Car Free Month dilakukan untuk menghormati Wulan Kepitu atau Bulan Ketujuh dalam kalender masyarakat Tengger.

Pada bulan yang dianggap sebagai bulan yang disucikan oleh sesepuh atau tokoh masyarakat Tengger ini, terdapat sebuah ritual yaitu masyarakat Tengger melakukan puasa mutih yang bertujuan untuk menahan perilaku atau sifat yang hanya berfokus kepada urusan duniawi dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Selain ditujukan untuk kegiatan adat masyarakat Tengger, pada bulan ketujuh ini juga dimanfaatkan sebagai momentum untuk memulihkan dan memperbaiki ekosistem yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan sekitarnya. Oleh karena itu, jika anda akan pergi sekitar pada Wulan Kepitu tersebut sebaiknya rencanakan kembali, atau anda juga bisa pergi liburan ke tempat lain terlebih dahulu. 

VIDEO PILIHAN