Mohon tunggu...
Rizkya Bunga
Rizkya Bunga Mohon Tunggu... Mahasiswa

Uin Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa Itu Intelligence bagi AUD?

27 Maret 2019   14:41 Diperbarui: 27 Maret 2019   15:40 0 5 0 Mohon Tunggu...

Apa itu pengertian intelligence menurut howard gardner kecerdasarkan sebagai kemampuan untuk memecahkan suatu masalah, menciptakan suatu (produk) yang bernilai dalam suatu budaya yang ada. Dia memandang konsep kecerdasan yang hanya dikaji dari sisi psikometri dan kognitif saja terlalu sempit untuk mengambarkan konsep inteligensi. Beliau mengatakan bahwa ada tuju macam kecerdasan yaitu kecerdasan lingustik, matematika-logis, spasial, music, kelincahan tubuh, intrapersonal dan interpersonal.

Ada berapa banyak orang yang dengan IQ yang tinggi akan sukses diperkerjaan?

Secara logis kita cenderung mengatakan ya, tetapi kenyataan menurut penelitian yang ada korelasi anatara IQ dengan karir pekerjaan semakin kecil menurut Sternberg. Dari hasil studi menjelaskan bahwa anak-anak yang mempunyai kecerdasan amat tinggi ternyata dimasa tuanya belum tentu mempunyai kehidupan yang enak dan sukses. Dari anak-anak ber-IQ sangat tinggi tersebut diantaranya menjadi senator, sebagai menerima hadiah nobel, untuk ilmu pengetahuan manjadi bintang film terkenal, menjadi novelis dan sutradara dll. Menurut Sternberg mengemukakan bahwa individu untuk sukses harus memiliki kecerdasan sukses, yang terdiri dari tiga macam kecerdasan ini jika berkembang baik didalam dirinya sendiri akan memungkinkan individu tersebut mencapai kesuksesannya di masa depan. Yang pertama kecerdasan analitis, yang kedua kecerdasan praktis dan ynang terakhir kecerdasan dasan kreatif

Menurt George D Stoddard mendefinisikan inteligensi sebagai bentuk kemampuan untuk memahami masalah-masalah yang bercirikan mengandung sebagai berikut:

  • Kesukaran
  • Kompleks yang mengandung berbagai macam jenis tugas yang harus dapat diatasi dengan baik dari individu yang cerdas mampu menyerap kemampuan baru dan memadukannya dengan kemampuan yang sudah ia miliki.
  • Abstrak yang dimaksud mengandung simbol-silmbol yang memerlukan analisis dan interpretasi.
  • Ekonomis yang dimakdus dapat diselesaikan dengan menggunakan proses mental yang efisien dari segi penggunaan waktu.
  • Diarahkan pada suatu tujuan yang bertindak yang mengandung tujuan yang berharga
  • Mempunyai nilai sosial dengan cara hasil pemecahan masalahnya dapat diterima oleh nilai dan norma sosial
  • Berasal dari sumbernya dari pola fikir yang membangkitkan kreativitas untuk menciptakan sesuatu yang baru dan lainnya.

Kita harus memahmi dari intelligence dari anak supaya orang tua tidak harus mementingkan apa yang orang tua mau supaya mereka bisa dikatakan orang tuanya sukses untuk mendidik anaknya. Anak harus sering berkomunikasi apa yang mereka mau untuk di masa depannya supaya tidak tertekan dari orang tua.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x