Mohon tunggu...
Rizky Abdillah
Rizky Abdillah Mohon Tunggu... Editor - Editor

saya seorang editor

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Haruskah Aku Menulis?

14 Januari 2021   11:36 Diperbarui: 14 Januari 2021   11:56 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Aku Harus Menulis ?

Menulis adalah cara untuk menuangkan ide dan gagasannya dalam suatu karya untuk dapat diabaca oleh orang lain. Oleh karena itu penulis perlu memiliki kemampuan yang baik dalam menuangkan ide-ide yang diungkapkannya dalam bahasa tulisan. Dengan menulis kita dapat memperluas dan meningkatkan kosa kata yang belum diketahui karena banyak membaca . Dengan menulis juga kita dapat mengembangkan suatu gaya penulisan sendiri serta dapat popularitas dimana-mana karena sebuah tulisannya.

Saya siap untuk menulis. Karena banyak manfaat yang saya dapatkan. Di dalam menulis juga dapat melatih diri kita untuk memecahkan suatu permasalah secara kritis. Pada dasarnya orang yang berilmu tanpa menulis bagaikan air tanpa wadah. Oleh karena itu pentingnya menulis dalam melakukan pembelajaran atau menuntut ilmu pengetahuan.

Banyak orang menuangkan gagasannya ke dalam bentuk tulisan hingga terus dikenang dan di manfaatkan ilmunya kepada orang banyak. Serta ilmu yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan akan dibaca secara turun temurun apabila tulisan itu bermanfaat.

Menulis bagi saya bukanlah semata untuk menuangkan ide dan gagasannya dalam suatu karya untuk dapat diabaca oleh orang lain. Melainkan menulis lebih kepada bisa mengekspresikan sesuatu. Ketika saya bisa mengekspresikan apa yang saya pikirkan saya akan merasa lebih tenang dan tidak ada lagi beban pikiran. Seakan kebutuhan ekspresif itu sudah terlampiaskan.

Kabar baiknya, ekspresi itu tercatat, ada artefaknya, ada arsipnya. Sehingga saya bisa melihat hasil ekspresi itu kembali suatu ketika. Entah apakah ada manfaatnya atau tidak yang jelas menulis itu seperti menyimpan memori, menangkap momen dan seakan bisa menjadi sebuah mesin waktu.

Begitu pula terait dengan gagasan, setiap orang pasti memiliki opini tentang sesuatu, setiap orang pasti memiliki pandangannya masing-masing terkait suatu hal. Opini maupun pandangan tersebut merupakan gagasan yang dibangun dari pengalaman, wawasan, kemampuan intelektualitas dan sebagainya yang menjadi satu dan diproses dalam pikiran seseorang. Semua orang yang sehat, pasti bisa berpikir dengan baik. Bisa menerima informasi, mengolahnya kemudian menyimpulkan sesuatu. Sayangnya semua proses itu terjadi secara mental, atau dengan kata lain hanya terjadi secara abstrak dan maya di benak atau dipikiran seseorang.

Padahal, gagasan itu bisa jadi perlu untuk disampaikan berulang-ulang. Perlu untuk disebar luaskan sehingga gagasan itu perlu untuk dilahirkan dengan ditulis, dicetak, kemudian didistribusikan. Itulah mengapa menulis penting bagi kelahiran sebuah gagasan agar tidak lagi menjadi sesuatu yang bisa fana hanya karena tidak tersimpan secara permanen dalam pikiran.

Jadi, jangan pernah ragu untuk menulis demi lahirnya ekspresi, gagasan dan ide yang kita miliki. Sekilas memang mereka seperti tidak memiliki harga. Namun saya percaya bahwa bahwa suatu ketika saat saya kehilangan itu semua, saya akan menyesal kalau ketiganya adalah hal yang krusial bagi kita sebagai manusia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun