Mohon tunggu...
Rizky Ramadan
Rizky Ramadan Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Mahasiswa adalah kaum terpelajar yang memiliki andil dalam perubahan, terutama dalam pendidikan. Dan disini saya hadir sebagai salah satu relawan pendidikan dalam program Kampus Mengajar angkatan 1 tahun 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa Kampus Mengajar UPI Berupaya Tingkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi di SDN Buahngariung 1

19 September 2021   13:09 Diperbarui: 19 September 2021   13:13 66 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

A. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Pandemi Covid-19 dinyatakan oleh WHO sebagai pandemi berdampak terhadap sektor-sektor di berbagai negara, termasuk negara Indonesia. Sektor pendidikan adalah salah satu sektor yang terdampak. Akibatnya pembelajaran konvensional yang semula dilakukan secara langsung dan tatap muka kini berubah menjadi pembelajaran jarak jauh dan daring. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran secara jarak jauh dan daring ini banyak sekali hambatannya, terutama bagi sekolah yang belum siap melakukan pembelajaran dengan metode ini seperti sekolah yang berada di daerah 3T (Terluar, Terjauh & Terdalam). 

Maka dari itu, dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM): Kampus Merdeka dan membantu sekolah terdampak pandemi Covid-19, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan program Kampus Mengajar Angakatan 1 dengan melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk menjembatani kesulitan belajar di sekolah dasar baik secara daring maupun luring sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan dan menyamaratakan mutu pendidikan di Indonesia.

Tujuan dari program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 ini adalah menanamkan empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat terkhusus dalam bidang pendidikan, mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi terkhusus dalam bidang pendidikan, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skill mahasiswa, mendorong dan memcacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan meningkatkan peran kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional. 

B. Rencana Inti Program Kampus Mengajar

Dalam melaksanakan program ini ada beberapa tugas yang harus dilakukan oleh saya selama mengikuti program Kampus Mengajar angkatan 1, antara lain sebagai berikut:

1. Mengajar 

2. Membantu Adaptasi Teknologi 

3. Membantu Administrasi Sekolah dan Guru 

C. Analisasis Situasi Pembelajaran di Sekolah Sasaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan