Mohon tunggu...
Rizki Wulan
Rizki Wulan Mohon Tunggu... Mahasiswa - happy people

kun fayakun

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Stop Begadang!

2 Desember 2022   06:40 Diperbarui: 2 Desember 2022   06:45 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Banyak mahasiswa yang setiap harinya begadang bukan karena belajar ataupun membuat tugas, akan tetapi begadang hanya untuk melakukan yang sekiranya kurang penting dilakukan dan itu dilakukannnya setiap hari yang menjadikannya memiliki pola tidur yang berantakan. 

Kebiasaan begadang bagi para mahasiswa dianggap lumrah padahal tidur di atas jam 12 malam akan menurunkan sistem imun, sehingga sangat beresiko terkena berbagai macam penyakit , mulai dari yang ringan sampai mematikan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan resiko kardiovaskular. 

Penyakit kardiovaskular adalah suatu kondisi dimana terdapat adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Gangguan fungsi yang dialami oleh jantung dan pembuluh darah ini merupakan penyebab utama seseorang mengalami penyakit jantung dan stroke. Akibat dari begadang yang telah diuraikan di atas ada juga akibat buruk yang menurunkan fungsi otak. Hal ini berkaitan dengan konsentrasi, perhatian, fokus, respon, daya ingat, hingga kecerdasasan emosional. Selain itu, kurang tidur karena begadang juga dapat menurunkan kreativitas dan kemampuan otak dalam memecahkan masalah.

Mari kita ubah kebiasaan begadang kita agar kesehatan kita terjaga, dan meskipun mahasiswa tidak bisa jauh dari kata begadang mungkin karena tugas atau belajar semoga bisa mengurangi jam begadangnya.   

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun