Bismillahirrahmanirrahim
Untuk materi yang akan saya bahas saat ini adalah:Â
1. Aliran-aliran filsafat pendidikanÂ
2. Tokoh-tokoh aliran filsafat pendidikan
3. Pemikiran kunci tokoh filsafat pendidikan
Sebelum membahas itu semua mari kita ketahui terlebih dahulu pengertian Filsafat Pendidikan adalah Ilmu filsafat yang mempelajari hakikat pelaksanaan yang berkaitan dengan tujuan,metode, dan hasil.
~Aliran Filsafat Pendidikan
a. Idealisme
Merupakan aliran filsafat tertua dengan tokohnya yaitu Plato, ketika tahun sebelum 427-437M. Aliran ini awal pemikiran Plato tentang kebenaran empiris atau berdasarkan pengalaman yang dapat dilihat dan dirasakan. Aliran ini menekankan pada moral dan realitas.
b. Esensialisme
Merupakan pemikiran filsafat idealisme Plato dan Aristoteles yang pada saat itu muncul Renaissance yang didasarkan pada nilai-nilai kebudayaan yang ada sejak awal peradaban manusia.
c. Parenialisme
Berasal dari kata "parenial" yang berarti abadi atau kekal. Jadi sesuatu yang ada sepanjang sejarah, aliran ini bertumpu pada norma-norma yang bersifat abadi. Aliran ini dapat diukur dengan ingin mengembalikannya keyakinan.
~ tokoh- tokoh aliran filsafat pendidikan
a. AristotelesÂ
atau dikenal sebagai bapak logika karena pemikirannya selalu berkembang. Aristoteles berpandangan bahwa para ilmuwan pendidikan di bangun melalui penelitian pendidikan dan berpandangan bahwa para ilmuwan menarik kesimpulan melalui deduksi dan induksi.
b. Roger Bacon
Mengusulkan agar matematika dan eksperimen merupakan 2 instrumen dari penyelidikan ilmiah.
c. Plato
Merupakan filsuf yang aktif serta dapat mengembangkan sekolah-sekolah. Plato berpandangan bahwa konsep ide suatu dunia dibalik kenyataan sebagai hakikat dari segala hal.
d. John Duns ScotesÂ
Menegaskan sebuah metode induksi dalam bentuk persamaan yaitu merupakan teknik analisis sejumlah hal yang mempunyai pengaruh khusus terhadap peristiwa.
e. OckhamÂ
Menegaskan metode induksi dalam bentuk perbedaan, yang membandingkan suatu hal yang berpengaruh dan tidak berpengaruh.
~Pemikiran kunci tokoh filsafat pendidikan
a. Idealisme, berpendapat bahwa hakikat kenyataan dunia adalah suatu pemikiran yang sifatnya rohani atau intelegensi. Aliran ini memandang bahwa nilai adalah tetap.
b. Realisme, berpendapat bahwa realitas dibagi menjadi dua jenis yaitu : dunia fisik dan rohani yang dapat dilihat dari baik dan buruk.
c. Metadealisme, kenyataan yang sesungguhnya adalah alam semesta.Â
d. Pramagtisme, aliran ini merupakan pemahaman yang tidak bersifat mutlak.
e. Eksitensialisme, Aliran ini memfokuskan pada pengalaman-pengalaman individu.