Mohon tunggu...
GM RIZKA ZANNAH RIA
GM RIZKA ZANNAH RIA Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi

Mahasiswi IAIN JEMBER Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Hobi : traveling dan berenang Motto hidup: apapun yang terjadi tetap di syukuri :)

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran, Tokoh Pelopor, dan Pemikiran Kunci Tokoh Filsafat Pendidikan

26 Maret 2020   16:00 Diperbarui: 10 April 2020   18:15 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Bismillahirrahmanirrahim

Untuk materi yang akan saya bahas saat ini adalah: 

1. Aliran-aliran filsafat pendidikan 

2. Tokoh-tokoh aliran filsafat pendidikan

3. Pemikiran kunci tokoh filsafat pendidikan

Sebelum membahas itu semua mari kita ketahui terlebih dahulu pengertian Filsafat Pendidikan adalah Ilmu filsafat yang mempelajari hakikat pelaksanaan yang berkaitan dengan tujuan,metode, dan hasil.

~Aliran Filsafat Pendidikan

a. Idealisme

Merupakan aliran filsafat tertua dengan tokohnya yaitu Plato, ketika tahun sebelum 427-437M. Aliran ini awal pemikiran Plato tentang kebenaran empiris atau berdasarkan pengalaman yang dapat dilihat dan dirasakan. Aliran ini menekankan pada moral dan realitas.

b. Esensialisme

Merupakan pemikiran filsafat idealisme Plato dan Aristoteles yang pada saat itu muncul Renaissance yang didasarkan pada nilai-nilai kebudayaan yang ada sejak awal peradaban manusia.

c. Parenialisme

Berasal dari kata "parenial" yang berarti abadi atau kekal. Jadi sesuatu yang ada sepanjang sejarah, aliran ini bertumpu pada norma-norma yang bersifat abadi. Aliran ini dapat diukur dengan ingin mengembalikannya keyakinan.

~ tokoh- tokoh aliran filsafat pendidikan

a. Aristoteles 

atau dikenal sebagai bapak logika karena pemikirannya selalu berkembang. Aristoteles berpandangan bahwa para ilmuwan pendidikan di bangun melalui penelitian pendidikan dan berpandangan bahwa para ilmuwan menarik kesimpulan melalui deduksi dan induksi.

b. Roger Bacon

Mengusulkan agar matematika dan eksperimen merupakan 2 instrumen dari penyelidikan ilmiah.

c. Plato

Merupakan filsuf yang aktif serta dapat mengembangkan sekolah-sekolah. Plato berpandangan bahwa konsep ide suatu dunia dibalik kenyataan sebagai hakikat dari segala hal.

d. John Duns Scotes 

Menegaskan sebuah metode induksi dalam bentuk persamaan yaitu merupakan teknik analisis sejumlah hal yang mempunyai pengaruh khusus terhadap peristiwa.

e. Ockham 

Menegaskan metode induksi dalam bentuk perbedaan, yang membandingkan suatu hal yang berpengaruh dan tidak berpengaruh.

~Pemikiran kunci tokoh filsafat pendidikan

a. Idealisme, berpendapat bahwa hakikat kenyataan dunia adalah suatu pemikiran yang sifatnya rohani atau intelegensi. Aliran ini memandang bahwa nilai adalah tetap.

b. Realisme, berpendapat bahwa realitas dibagi menjadi dua jenis yaitu : dunia fisik dan rohani yang dapat dilihat dari baik dan buruk.

c. Metadealisme, kenyataan yang sesungguhnya adalah alam semesta. 

d. Pramagtisme, aliran ini merupakan pemahaman yang tidak bersifat mutlak.

e. Eksitensialisme, Aliran ini memfokuskan pada pengalaman-pengalaman individu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun