Mohon tunggu...
Rizka Adhisetia
Rizka Adhisetia Mohon Tunggu... Mahasiswa

KPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Etika yang Perlu Dipahami oleh Mahasiswa Ketika Kuliah Daring

12 Maret 2021   13:20 Diperbarui: 12 Maret 2021   14:09 67 4 0 Mohon Tunggu...

Pandemi covid di indonesia telah berlangsung selama satu tahun. Kasus ini pertama kali muncul pada awal maret 2020. Tentunya sulit bagi kita dalam menghadapi covid-19, karena berbagai aktivitas diluar rumah menjadi terbatas akibat adanya pandemi saat ini. 

Oleh karena itu, pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar tetap berada dirumah saja jika tidak ada keperluan mendesak yang mengharuskan untuk keluar rumah. Hal ini dilakukan agar tidak ada kerumunan dalam jumlah besar. Dengan begitu kita bisa memutus rantai penyebaran virus corona. 

Aktivitas sehari-hari baik itu kegiatan belajar mengajar, maupun bekerja selama adanya pandemi saat ini dilakukan secara online melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh sekolah atau kantor tempat bekerja seperti zoom, google meet dan sebagainya. Beruntungnya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyediakan aplikasi berupa Myklass yang dapat menjadi acuan sarana belajar mengajar dan sangat membantu segala aktivitas perkuliahan dimasa pandemi. 

Kemajuan teknologi sekarang ini membuat aktivitas kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan jarak jauh dan tentunya menjadi lebih mudah. Dalam melakukan kegitan belajar mengajar secara daring harus memiliki etika yang baik. Nah ada beberapa etika yang mestinya diterapkan oleh mahasiswa dalam melakukan pembelajaran secara daring, diantaranya: 

1.Tepat waktu saat memasuki room daring. Sering kali mahasiswa telat memasuki room. Kebiasaan telat pada saat kuliah tatap muka masih saja terbawa pada saat kuliah daring. Padahal tepat waktu dalam melakukan apapun merupakan aspek yang sangat penting agar menjadi pribadi yang disiplin. 

2.Menyalakan kamera pada saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Hal memang terlihat spele, tetapi ini sangat penting dilakukan karena sebagai bentuk menghormati orang yang sedang berbicara. 

3.    Selanjutnya mematikan mikrofon. Sering kali mahasiswa lupa untuk mematikan mikrofonnya pada saat memasuki room daring. Hal ini dapat mengganggu proses pebelajaran dikarenakan suara-suara di sekitar yang masuk dan dapat mengganggu guru atau dosen yang sedang menyampaikan materi. 

4.Kemudian yang terakhir harus memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru atau dosen dengan fokus. Sering kali mahasiswa pada saat pembelajaran secara daring tidak mengikuti atau menyimak dengan serius atau di sambi dengan kegiatan lain.

VIDEO PILIHAN