Mohon tunggu...
Riza Fasya Juliana
Riza Fasya Juliana Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang guru untuk merubah ekosistem pendidikan sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai dari diri - Diagram Trapesium Usia dan Peran Guru Penggerak

1 April 2024   20:10 Diperbarui: 1 April 2024   20:31 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1. Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?
Peristiwa Positif yang saya alami ketika saya lulus Kuliah, tepatnya pada tahun 2014 di
Universitas Kuningan. Yang mana pada saat itu saya bisa lulus dengan tepat waktu meskipun mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan kemauan saya. Saya di paksa oleh orang tua saya (Ayah saya) untuk mengambil jurusan Bahasa Inggris karena beliau adalah seorang guru bahasa inggris di SMP Negeri 1 Cikijing dan berharap menjadi penerusnya di sekolah tersebut.
Kemudian impian itu tercapai dan terbukti, setelah saya lulus kuliah pada tahun 2014, saya langsung menjadi guru Bahasa inggris di SMP Negeri 1 Cikijing menggantikan ayah saya yang di angkat menjadi kepala sekolah, hal positif lainnya saya bisa bertemu kembali dengan guru-guru saya yang hebat dan akhirnya menjadi teman sejawat saya disekolah.
Peristiwa Negatif yang saya alami ketika saya duduk dibangku SMA, tepatnya pada tahun 2009 ketika saya masih kelas XI (Sebelas). Saya sekolah di SMA Negeri 2 Majalengka,
keadaan membuat saya jauh dari orang tua. Sehingga membuat saya bebas tanpa pengawasan sedikitpun dari orang tua. Saya masih ingat pada waktu itu jam pertama pelajaran Olahraga, Pak Ridwan. Karena saya malas untuk belajar akhirnya saya manjat pagar untuk pulang dan memilih untuk nongkrong di warung dengan teman-teman saya. Hal itu sering saya lakukan.
Hingga keesokan harinya saya di panggil oleh guru tersebut (Pak Ridwan). Pada waktu diminta keterangan oleh Pa ridwan saya berbohong dengan alasan sakit. Dan pada akhirnya Guru tersebut merasa kesal dan menantang saya gulat di Ring Gulat.

2. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?Peristiwa Positif yang terlibat adalah Orang tua, Dosen dan Guru. Peristiwa Negatif yang terlibat adalah Teman, Guru Olahraga dan Orang tua.

3. Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? 

Dari peristiwa positif hal yang saya rasakan hingga saat ini adalah senang, menerima dan optimis. Senang bisa menjadi seorang guru bahasa inggris di almamater sekolah tercinta, menerima apapun yang sudah ditakdirkan oleh allah SWT dan Optimis bisa menjalankan kewajiban saya sebagai guru bahasa inggris disekolah.

Dari peristiwa negatif hal yang saya rasakan hingga saat ini adalah Penyesalan dan kecewa.

Saya merasa menyesal dan kecewa kepada diri saya sendiri setelah saya sekarang menjadi seorang guru. Dan ada rasa khawatir, dalam arti khawatir takut murid saya seperti apa yang saya lakukan pada waktu dulu.

4. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih

dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?

Dari peristiwa yang saya alami baik peristiwa positif maupun negatif sangat mempengaruhi ke dalam pembentukan karakter diri saya untuk memberikan dampak perubahan menjadi seseoran yang lebih baik lagi. Apalagi peristiwa negatif, karena saat ini saya adalah seorang guru ada rasa ketakutan dalam diri saya, takut terjadi pada saya hingga mempunyai rasa kesal terhadap siswa.

5. Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun