Mohon tunggu...
Riza Fasya Juliana
Riza Fasya Juliana Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang guru untuk merubah ekosistem pendidikan sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jurnal Refleksi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara

29 Maret 2024   22:05 Diperbarui: 29 Maret 2024   22:12 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Wr.Wb, Bapa/Ibu Guru hebat perkenalkan nama saya Riza Fasya Juliana, S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 10 dari SMP Negeri 1 Cikijing Kab. Majalengka Prov. Jawa Barat.

Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1 tentang Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah kurang lebih 2 minggu mengikuti kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 10 di Kab. Majalengka.

Dalam menulis refleksi ini, saya menggunakan model 1 yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings dan Future) metode ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran Dan Penerapan.

1. Facts (Peristiwa)

Kegiatan Lokakarya Orientasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2024 pukul 07.30-15.15 yang bertempat di SMP Negeri 2 Majalengka. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Majalengka, Dr. Hj. Lilis Yuliasih, M.Pd. Setelah itu, saya masuk ke kelas untuk bergabung bersama teman kelompok dengan melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya membuat kesepakatan kelas dengan PengajarPraktik Ibu Siti Aan Nurhasanah, Ibu Siti Kamilah dan Ibu Lia Yuliani. Kemudian kegiatan Perkenalan, permainan, kami pun menulis harapan dan kekhawatiran, setelah itu saya mengerjakan LK 1 sampai LK 4 dan Refleksi kegiatan Lokakarya Orientasi.

Dalam dua minggu ini ada beberapa materi yang saya pelajari di LMS, diantaranya:

Modul 1.1.a.3 Mulai Dari Diri yaitu membuat refleksi kritis dan ekspetasi harapan. Tugas ini saya apload di LMS

Modul 1.1.a.4 Eksplorasi Konsep yaitu memahami pemikiran KHD mengenai tujuan dan asas pendidikan. Tugas ini saya apload di LMS dan akun youtube saya pada link :

https://youtu.be/BJSI5jFVfC8?si=mTEjEy88Y10bPWx-

Eksplorasi konsep di forum diskusi virtual yaitu pada bagian ini saya dan teman kelompok diskusi yang di pimpin Fasilitator Ibu Rikawati memberikan perspektif reflektif kritis tentang pemikiran filosofi pendidikan KHD

Ruang Kolaborasi yaitu pada ruang kolaborasi ini saya belajar bersama Fasilitator Ibu Rikawati, S.Mn dan Pengajar Praktik Ibu Siti Aan Nurhasanah, S.Pd. Dalam ruang kolaborasi ini banyak sekali ilmu yang didapat diantaranya mengenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal khususnya yang ada di Kabupaten Majalengka. Tugas ini saya unggah di LMS dan akun Youtube saya pada link :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun