Mohon tunggu...
RIYAN AFRIANY
RIYAN AFRIANY Mohon Tunggu... Guru - GURU PKWU SMAN I DARANGDAN PURWAKARTA DAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 5 DARI KABUPATEN PURWAKARTA

Assalamualaikum........perkenalkan, saya adalah seorang Guru PKWU di SMAN I Darangdan Purwakarta dan Guru Penggerak Angkatan 5 dari Kabupaten Purwakarta, menulis merupakan hal baru untuk saya, dan saya ingin menggali potensi saya pada bidang ini melalui media kompasiana.com salah satunya.....semangaaat....

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RTL dan Refleksi Pelaksanaan PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 LPTK UNIGAL

21 Januari 2023   23:48 Diperbarui: 21 Januari 2023   23:50 586
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RTL Dan Refleksi Pelaksanaan PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 LPTK UNIGAL

REFLEKSI PELAKSANAAN PPG DALJAB FKIP BIOLOGI UNIVERSITAS GALUH 2022

  • FACT

Alhamdulillah, tahun 2022 merupakan tahun yang luar biasa untuk saya pribadi. Pada tahun ini, Allah SWT perkenankan saya memperoleh nikmat menjadi ASN PPPK di SMAN I Darangdan. Selain itu diberikan amanah lain yaitu lolos mengikuti PGP Angkatan 5 dan PPG Daljab 2022 Kategori I Gelombang 2. Masya Allah, tiada daya upaya semuanya atas Ridho-Nya, sehingga dapat menjalani 2 kegiatan ini secara bersamaan. Alhamdulillah juga bisa menuntaskan PGP Angkatan 5 dan sekarang untuk kegiatan PPG juga mulai memasuki tahap akhir. Untuk PPG sendiri, saya mendapat kesempatan mengikuti pretes PPG secara daring di domisili masing-masing dengan pengawasan. Jika lolos maka saya akan mendapatkan notifikasi untuk mengisi formulir kesediaan penempatan LPTK. Perlu diketahui LPTK untuk PPG Daljab ini bersifat acak, jadi saya tidak dapat memilih LPTK sendiri seperti pada PPG Prajab. Terakhir ketika saya mendapatkan notifikasi penempatan LPTK maka harus lapor diri terlebih dahulu. Setelah melalui berbagai tahapan, barulah dinyatakan resmi menjadi mahasiswa PPG. Sampai akhirnya Allah SWT membawa saya, menjadi salah satu mahasiswa PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 di FKIP Biologi Universitas Galuh Ciamis. Durasi perkuliah dilakukan selama kurang lebih 3 bulan. Kegiatan PPG Daljab ini memiliki alur yang cukup panjang, di sini saya akan mencoba menjelaskan alur kegiatan berdasarkan pengalaman saya menjadi mahasiswa PPG Daljab di Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022. PPG Daljab periode tahun 2022 ini semua perkuliahan full daring. Sama halnya dengan perkuliahan lainnya, Diklat PPG pun diawali dengan tahapan orientasi. Perjalanan memulai PPG sungguh melelahkan. Mulai dari rangkaian pengurusan surat-surat untuk melengkapi administrasi sebagai calon mahasiswa, dan meringkas materi mandiri dalam kurun waktu kurang lebih hanya satu minggu setelah mengisi format kesediaan menjadi peserta PPG. Hari-hari saya lalui dengan tugas-tugas yang menanti silih berganti. Beruntungnya, saya memiliki pimpinan, Bunda HJ. Sri Mulyani, S.Pd, M.Pd yang sangat pengertian, beliau tidak terlalu membebani saya dengan tugas-tugas tambahan di sekolah sehingga saya bisa focus mengerjakan tugas kuliah ini, selain itu juga support, motivasi, dan juga solusi yang luar biasa selama program PPG ini berlangsung. Pada mata kuliah pendalaman materi saya melakukan banyak hal mulai dari identifikasi masalah yang saya temui selama saya mengajar, mengekplorasi penyebab masalahnya, menganalisis akar penyebab masalah, hingga akhirnya saya memilih 2 masalah yang akan saya selesaikan. Setelah masalah dipilih saya mengekplorasi solusi yang cocok untuk mengatasi masalah yang telah dipilih dan menganalisis alternative solusi hingga pada akhirnya saya bisa menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang telah teridentifikasi. Pada mata kuliah ini saya dibimbing oleh dosen-dosen dan guru pamong yang sangat luar biasa. Beliau semua menginginkan saya menjadi seorang guru yang benar-benar professional dengan tidak menyalahkan peserta didik sebagai penyebab kegagalan pembelajaran tetapi juga merefleksi diri sendiri sebagai penyebab dari masalah itu muncul. Karena pada dasarnya penyebab dari rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik adalah salah satunya dari cara mengajar guru yang konvensional. Pada mata kuliah P3( Pengembangan Perangkat Pembelajaran), saya diminta untuk merancang sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan masalah saya masing-masing yang telah teridentifikasi. Perangkat pembelajaran yang dibuat merupakan perangkat pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran abad 21, TPACK dan tentunya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Satu set perangkat pembelajaran terdiri dari 5 poin penting yang harus saya siapkan yakni lesson plan, bahan ajar, media ajar, lembar kerja peserta didik, dan instrument penilaian peserta didik. Pada faase ini saya banyak belajar menggunakan teknologi karna saya berusaha merancang materi dan media ajar semenarik mungkin. Saya  kewalahan karna tugas yang begitu banyak. Sering kali saya harus tidur diatas jam 12 malam. Tapi saya sadar ini adalah pengalaman menuju perubahan yang lebih baik. Setelah menyelesaiakan 2 set perangkat pembelajaran, saya diminta mendesign instrument evalusi terhadap pembelajaran. Instrument evaluasi itu sendiri terdiri dari instrument refleksi diri, observasi kepala sekolah, wawancara teman sejawat, survey peserta didik dan penilain artefak. Setelah instrument tersebut selesai saya bersiap-siap untuk mengikuti ujian komprehensif. Setelah ujian ini selesai, tibalah waktunya untuk melakukan proses pembelajaran (PPL) dengan menggunakan 2 set perangkat yang saya buat. Alhamdulillah, walaupun ada beberapa kendala namun kegiatan PPL I dan PPL 2 bisa terlewati dengan dibimbing oleh Dosen dan Guru Pamong yang luar biasa baik. Kegiatan berikutnya saya harus mempersiapkan portofolio UKIN, membuat Video pembelajaran UKIN dengan durasi 30- 40 menit, dan juga pelaksanaan UP yang sudah di depan mata. Tiada kata selain, Laa haolaa…walaaa quwwata illabillah  dan Bismillah, semoga senantiasa diberikan kemudahan, kelancaran dan kesehatan, dan semoga Allah SWT ridho dengan semuanya.

Subhanallah, semuanya merupakan pengalaman yang begitu luar biasa, saya dapat bertemu dengan Dosen-Dosen hebat, luar biasa mumpuni, mengayomi, memberikan ilmu yang Insha allah bermanfaat untuk saya pribadi agar dapat menjadi seorang guru profesional, guru yang dirindukan anak didiknya, dan juga guru yang sesuai dengan semboyan KHD:  “Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tutwuri handayani .”Selain itu diberikan juga kesempatan untuk bertemu rekan-rekan PPG Biologi terutama Kelompok C yang solid, solutif, dan kompak sekali. Sehingga kami punya slogan: “Masuk Bersama, maka lulus pun harus bersama-sama.” Bersama beliau-beliau ini, saya melewati suka duka, ritme PPG. Saya saling menguatkan, saling berbagi, dan juga saling menginspirasi dan terutama saling memotivasi. Kadang saya merasakan serba kekurangan ketika bertemu dengan rekan-rekan yang hebat ini, sering sekali saya menemukan momen yang membuat saya kagum, dengan kinerja dan ilmu beliau-beliau semuanya. Di Kelompok C, semangat yang dibangun adalah semangat kolaborasi, untuk mencapai keberhasilan bersama dan seluruhnya, bukan dengan semangat kompetisi, melainkan kolaborasi. Di kelompok ini terasa saya merasa nyaman, dan merasa ringan dalam menjalani setiap proses dalam PPG ini. Semoga Allah SWT perkenankan kita untuk bersilaturahmi secara langsung, dalam keadaan sehat, berbahagia, dan tentunya lulus bersama. Aamiin ya Allah aamiin yra....

  • FEELING

Ketika saya diberi kesempatan untuk mengikuti PPG tahun ini, Saya merasa bersyukur meskipun ada rasa gemetar menghadapi PPG ini. Tapi setelah saya menjalani PPG, saya merasa senang. Dengan ikut PPG saya begitu banyak mendapat manfaat, diantaranya:

  •  Memperoleh pengetahuan baru dan dapat mempraktikkan model pembelajaran PBL dan PjBL.
    • Menggunakan pendekatan saintifik yang diintegrasikan dengan TPACK.
    • Mengembangkan bahan ajar yang menarik dan dituangkan dalam sebuah barcode sehingga memudahkan peserta didik untuk mengakses bahan ajar tersebut.
    • Mengembangkan LKPD berbasis masalah, dalam hal ini saya mengembangkan E-LKPD dengan memanfaatkan Flipbook Heyzine dari aplikasi Canva. LKPD yang dibuat berbasis masalah dan dapat membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan yang diberikan secara kritis dan mampu memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang diberikan, dan permasalahan yang dianalisis bersifat kontekstual.
    • Membuat soal-soal evaluasi yang HOTS sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
    • Meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik dengan membiasakan belajar berkelompok dengan berbagi peran.
    • Mengintegrasikan TPACK dalam proses pembelajaran yang dilakukan.
    • Membuat perangkat pembelajaran yang inovatif.
    • Membuat best practice dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semuanya begitu luar biasa berdampak terhadap diri saya, yang sudah 16 tahun terjun di dunia Pendidikan agar menjadi guru yang mumpuni dan profesional, terus belajar meningkatkan kompetensi dan potensi diri. karena Guru yang baik itu bukan semata-mata guru yang memiliki  kinerja baik tetapi hanya di dalam kelas saja. Mereka mampu meningkatkan prestasi muridnya, mengajar dengan kreatif dan inovatif, serta mengembangkan kompetensi dirinya.  Rasa syukur tiada henti saya haturkan, atas semua perjalanan ini, Alhamdulillah...

  • Finding

Banyak sekali pengetahuan yang saya dapatkan selama mengikuti k egiatan pembelajaran Diklat PPG ini. Treatment yang diberikan dan juga permasalahan yang saya hadapi ketika proses pembelajaran berlangsung tentunya akan berdampak pada motivasi dan hasil belajar  peserta didik. Saling berbagi pengalaman mengajar dengan rekan-rekan mahasiswa PPG dan Dosen Pembimbing juga Guru Pamong melalui diskusi via Zoom Meeting atau G-Meet mampu menambah pengalaman dan pemahaman saya bagaimana menyikapi permasalahan dalam proses pembelajaran tersebut. Dapat saya simpulkan bahwa semua proses pembelajaran yang saya peroleh dalam PPG ini dalam rangka menghasilkan guru profesional yang beradab, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif serta berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

  • Future

Rencana Tindak Lanjut (RTL) setelah mengikuti keseluruhan program diklat PPG Daljab Kategori I Gelombang 2 di LPTK Universitas Galuh ini adalah dengan menyusun dan mengusulkan program-program kegiatan berikut:

  • NO.

    Kegiatan

    Keterlibatan

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun