Mohon tunggu...
Antonius Eko Harsiyanto
Antonius Eko Harsiyanto Mohon Tunggu... suka nonton dan dengar musik

Orang biasa yang hobi denger musik dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Deretan Soundtrack Terbaik Phil Collins

16 Oktober 2020   10:56 Diperbarui: 16 Oktober 2020   11:17 65 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Deretan Soundtrack Terbaik Phil Collins
Foto: Koleksi Pribadi

Pasti banyak yang setuju kalau saya bilang (hampir) semua lagu Phil Collins enak-enak. Bapak satu ini sudah punya ratusan lagu yang tersebar di delapan album. Banyak cara untuk menikmati lagu-lagunya, bisa mendengar albumnya satu-satu secara kronologis atau acak. Bisa juga memilih album kompilasi the bestnya, yang sampai sekarang sudah ada empat.

Ada cara lain lagi yang menurut saya tak kalah asyik, kita kumpulkan lagu-lagu Phil Collins yang pernah jadi soundtrack film. Menurut situs film IMDB ada 261 lagu Phil Collins yang ikut menghiasi film-film bioskop atau televisi. Kebanyakan adalah soundtrack untuk film seri tv di Inggris.

IMDB juga memasukkan lagu-lagu Collins yang ada di acara "Dancing With Stars" dan yang dinyanyikan para kontestan di  acara "The X Factor UK", "Britain's Got Talent" sampai "American Idol" makanya jadi banyak.

Kita mulai dengan lagu "Against All Odds" (1984).  Awalnya, sutradara Taylor Hackford meminta Collins menyumbang lagu untuk film yang merupakan remake dari film tahun 1947 yang judulnya "Out of the Past". Pertamanya Collins memberi judul lagunya itu "How Can You Just Sit There", tapi diganti jadi "Against All Odds" biar sama kayak judul fillmnya.

Lagu mengenai perceraiannya dengan sang istri ini awalnya mau dimasukkan di album "Face Value" tapi tidak jadi karena di album itu sudah banyak lagu baladanya. Lagu ini menjadi salah satu hits Phil Collins dan meraih Grammy untuk kategori "Best Pop Vocal" serta masuk nominasi Oscar dan Golden Globe.

Setahun setelah "Against All Odds", Collins kembali menyumbang lagu untuk film "White Nights" yang juga disutradarai Taylor Hackford. Lagu yang judulnya "Separate Lives" ini dinyanyikan secara duet bersama Marilyn Martin dan ditulis oleh Stephen Bishop, yang ngetop dengan lagu "It Might Be You".

Lagu ini kembali masuk nominasi Oscar tapi kalah dari lagunya Lionel Richie "Say You Say Me" yang juga jadi soundtracknya film "White Nights".

Di tahun 1988, Phil Collins dipercaya untuk menggarap soundtrack film "Buster" yang berkisah tentang perampokan kereta uang di Inggris pada tahun 1963 yang dilakukan Buster Edwards dan gerombolannya.

Selain ngurusin soundtracknya, Phil Collins juga berperan sebagai Buster. Awalnya Collins nggak mau bikin lagu di film ini karena ingin menunjukkan kemampuannya sebagai aktor. Namun akhirnya dia membuat lagu "two Hearts" dan "A Groovy Kind of Love". Sebuah keputusan yang tepat karena lagu "Two Hearts" masuk nominasi lagu terbaik ajang Oscar.

Film animasi juga tak lepas dari sentuhan khas pria yang sekarang berusia 69 tahun itu. Film Tarzan yang dirilis tahun 1999 dihiasi agu-lagu yang klop banget dengan petulangan si raja hutan itu.  Sampai sekarang lagu-lagu seperti "Two Worlds", "You'll Be in My Heart" dan "Son of Man" masih enak didengar. "You'll Be in My Heart" akhirnya bisa membawa Phil Collins meraih penghargaan lagu terbaik di Oscar dan Golden Globe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x