Mohon tunggu...
Antonius Eko Harsiyanto
Antonius Eko Harsiyanto Mohon Tunggu... suka nonton dan dengar musik

Orang biasa yang hobi denger musik dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Bryan Adams, Raja Soundtrack Film Era 90-an

4 Juli 2020   11:15 Diperbarui: 6 Juli 2020   14:25 339 17 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bryan Adams, Raja Soundtrack Film Era 90-an
foto ilustrasi: koleksi pribadi

Bagi kalian yang mengalami masa muda di era tahun 1990-an pasti pernah nonton film "Robin Hood: Prince of Thieves" yang dibintangi Kevin Costner. Saat itu Kevin sedang naik daun setelah kesuksesan film "Dances with Wolves".

Film Robin Hoodnya sih biasa saja, tapi yang jadi pembicaraan sampai sekarang adalah theme songnya "(Everything I Do) I Do It for You" yang makin melambungkan nama penyanyinya Bryan Adams.

Lagu itu menjadi pemicu munculnya lagu-lagu terkenal yang menjadi theme song film-film besar seperti "Titanic", "Armageddon", "Con Air", "The Bodyguard" dan sejenisnya.

Sebelum terlibat di film Robin Hood, Bryan Adams pernah menyumbangkan lagu untuk film "A Night in Heaven" ada yang pernah nonton film ini? Film yang dibuat John G. Avlindsen ini kabarnya gagal total. 

Ada yang bilang film ini kalah bersaing dengan "Flashdance" yang punya tema hampir sama. Cuma kalau "Flashdance" penarinya adalah cewek, di film A Night sebaliknya, cowok yang jadi penari erotis dan punya affair dengan perempuan yang lebih tua dan kebetulan dosennya.

Film "A Night in Heaven" boleh saja flop, tapi tidak dengan soundtracknya. Bryan Adams 'menyelamatkan' film ini dengan lagu "Heaven". Lagu ini sebetulnya ada di album "Reckless" yang beredar tahun 1994. 

Tapi, hampir saja lagu tersebut tidak dimasukin, karena menurut Bryan, "Heaven" yang slow tak cocok dengan lagu-lagu lain yang ngerock seperti "Summer 69", "Kids Wanna Rock" dan "Run to You". Keputusan di menit-menit terakhir untuk memasukan "Heaven" membuahkan hasil karena lagu ini berhasil duduk di peringkat pertama tangga lagu AS tahun 1985.

Enam tahun kemudian, lagu "Everything I Do" kembali sukses di peringkat pertama, tak hanya di AS, tapi juga di Kanada, Eropa, Australia sampai Indonesia. Ini menjadi lagu pertama Bryan Adams yang masuk nominasi Oscar, meski akhirnya kalah dari lagu "Beauty & The Beast".

Saat komposer musik Michael Kamen membuat soundtrack Robin Hood, dia sempat mempertimbangkan sejumlah nama untuk dilibatkan, salah satunya adalah mantan vokalis Chicago, Peter Cetera, yang sempat sukses lewat lagu "Glory of Love". Tapi akhirnya dipilih Bryan Adams yang kemudian mengajak penulis lagu sekaligus produser R.J.'Mutt' Lange.

Setelah sukses dengan "Everything I Do", Michael Kamen kembali mengajak Bryan Adams menggarap soundtrack film "The Three Musketeers". Tapi Michael Kamen ingin ada tiga vokalis, biar mirip-miriplah dengan tema filmnya. 

Akhirnya diajaklah Sting, yang pernah kerjasama dengan Kamen di lagu "It's Probably Me' yang jadi soundtrack "Lethal Weapon 3" dan Rod Stewart. Hasilnya, terciptalah lagu "All for Love" yang sukses dimana-mana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x