Mohon tunggu...
Rivandi yudhachusdiantoro
Rivandi yudhachusdiantoro Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa STIAMAK Barunawati

Saya adalah manusia yang kreatif, inovatif, slektif dan aktif

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Motivasi Bisa Mengubah Hidup?

17 Desember 2020   08:09 Diperbarui: 17 Desember 2020   08:12 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Didalam menjani hidup pasti kita tidak asing dengan yang namanya masalah atau cobaan. Dalam menghadapi cobaan kita terkadang mengalami kesulitan sehingga kita mau tidak mau harus dihadapkan antara memilih dua pilihan yaitu mencari motivasi atau menemukan jalan keluarnya sendiri. Terkadang kita bingung tentang pentingkah motivasi itu sebenarnya? saya memiliki pendapat lain, menurut saya motivasi itu tidak penting jika kita tidak menerapkan displin pada diri kita. Karena motivasi perlu di terapkan bukan dibayangkan. Saya sering melihat kebanyakan orang berbondong--bondong pergi ikut seminar supaya mendapatkan motivasi dan berharap hidup mereka akan berubah karena motivasi tersebut. Menurut saya itu hanya membuang-buang waktu mereka. Bagaimana tidak, semangat mereka hanya terpacu dan menggebu-gebu hanya pada saat di dalam Gedung motivator dan di minggu-minggu selanjutnya, setelah itu motivasi dan semnagat itu hilang dengan sendirinya. Hal ini lumrah dikarenakan mereka tidak memiliki kesiapan dalam menghadapi permasalahan kedepannya.

Begitu juga dengan pandangan saya saat kuliah ini, saya akan menyaring pesan-pesan motivator yang telah di berikan kepada saya dan mencoba menggabungkan antara motivasi intrinsik saya dengan motivasi yang diberikan orang kepada saya. Karena saya tau setiap orang tidak bisa mengikuti jalan yang sama seperti yang di katakan motivator, karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Maka dari itu saya menekankan pada diri saya untuk menjadi orang yang realistis.

Makna dari motivasi sendiri dalam KBBI adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Secara singkat motivasi dapat di artikan sebagai dorongan yang memberikan semangat kepada diri seseorang untuk dapat mengerjakan suatu hal.  

Untuk pemahaman lebih lanjut motivasi dibagi menjadi dua yaitu motivasi intrinsic dan ekstrinsic. Motivasi instrinsik adalah dorongan atau keinginan yang ada pada setiap seseorang. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah dorongan yang datangnya dari luar diri seseorang. Motifasi memang di perlukan untuk membangun diri sendri namun perlu di garis bawahi, bahwa motivasi tidak akan berguna jika tidak di imbangi dengan disiplin usaha, respek, dan do'a.   maka dari itu dengan sendirinya tujuan kita akan tercapai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun