Mohon tunggu...
Riswanda Himawan
Riswanda Himawan Mohon Tunggu... Pendidik Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Riswanda Himawan merupakan Pendidik, bidang bahasa dan sastra Indonesia sekaligus mahasiswa pascasarjana magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penulis aktif dalam kegiatan menulis, baik itu artikel ilmiah berupa jurnal atau prosiding yang terbit pada standar Nasional maupun Internasional, serta aktif menulis pada koran digital berkaitan dengan pendidikan, bahasa, ekonomi, serta budaya.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Nikmatnya Mi Lethek dan Suasana Desa Gilangharjo

24 Juni 2021   11:30 Diperbarui: 24 Juni 2021   11:53 69 1 0 Mohon Tunggu...

Desa Gilangharjo terletak di kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta. Banyaknya wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri yang berwisata ke desa Gilangharjo, membuat berbagai macam potensi desa Gilangharjo meningkat. 

Salah satu potensi yang dirasa menunjukkan peningkatan secara signifikan yaitu potensi kuliner berbasis kearifan lokal. Kulner kearifan lokal seperti kue ubi, kripik gayam, intip, emping dan juga bakmi Jawa menjadi sasaran utama para wisatawan yangberkunjung ke desa Gilangharjo.

Dalam meningkatkan potensi dan memperluas pemasaran para pelaku UMKM kuliner berbasis kearifan lokal, himpunan mahasiswa yang tergabung dalam HMPS PBSI FKIP UAD bekerjasama dengan pemerintah desa Gilangharjo membentuk sebuah sentra kuliner yang bernama "Sentra Kuliner Omah AYU". 

Di sini, para wisatawan dapat menikmati nikmatnya aneka kuliner kearifan lokal Gilangharjo dan juga kuliner kearifan lokal khas Kabupaten Bantul, Seperti Mie Lethek. 

Mie Lethek yang diolah dengan cara digoreng atau direbus mempunyai cita rasa yang khas, dimasak dengan bahan-bahan alami seperti ayam kampung dan juga telur bebek, di atas bara api yang menyala dengan bantuan arang dan anglo menambah kenikmatan pengunjung untuk menyantap Mie Lethek. 

Selain itu, pengunjung juga disuguhkn alunan lagu keroncong dari group keroncong binaan desa Gilangharjo yang menambah suasana menjadi syahdu. Pengunjung juga dapat menikmati aneka camilan khas desa Gilangharjo seperti intipdan gayam goreng, yang belum pasti ditemukan di tempat lain.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x