Kesehatan

Sistem Informasi Pendaftaran Berbasis Web pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit

14 November 2017   20:54 Diperbarui: 14 November 2017   20:55 282 0 0
Sistem Informasi Pendaftaran Berbasis Web pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit
download-5a0aec7e8325cc51c3329892.png

MAKALAH SITK 

SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN BERBASIS WEB PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT


  


 

 

Disusun Oleh:

 

Heru Pirdaus

 

Risma Tyani

 

Wida Emar Kalinda

 

 

 

KELOMPOK 9

TINGKAT II-A

DIII KEPERAWATAN

UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

2017


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan hidayah dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dari mata kuliah SITK yang berjudul  "Sistem Informasi Pendaftaran Berbasis Web Pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit."  Pada kesempatan ini tak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada Semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kami mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun guna kesempurnaan makalah ini. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan pemikiran serta kelancaran tugas kami selanjutnya dan dapat bermanfaat bagi semua pihak.


                                                                                                                                                                                                                                                                Oktober, 2017

                                                                                                                                           

                                                                                                                                                                                                                                                              Tim  Penyusun

i



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...........................................................................................i

DAFTAR ISI........................................................................................................ii

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah....................................................................................... 1

1.2 Rumusan Masalah.................................................................................................2

1.3 Tujuan Umum.........................................................................................................2

1.4 Tujuan Khusus........................................................................................................2

1.5 Manfaat ....................................................................................................................2

BAB II LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Sistem Informasi...............................................................................3

2.2 Pengertian Website................................................................................................3

2.3 Pengertian Pasien..................................................................................................4

2.4 Pengertian Rawat Jalan........................................................................................4

2.5 Pengertian Rumah Sakit...................................................................................... 5

2.6 Konsep Analisa Sistem Rawat Jalan...................................................................5

BAB III PENUTUP

3.1 Simpulan...................................................................................................................7

3.2 Saran..........................................................................................................................7

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 8

 

ii


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

      Menurut Wahyu (2004) dalam Lidya Andriani (2009), Era informasi merupakan periode yang melibatkan banyak informasi dalam pengambilan keputusan, baik oleh individu, perusahaan, maupun instansi pemerintah. Informasi sudah semakin mudah diperoleh, sudah semakin bervariasi bentuknya, dan semakin banyak pula kegunaannya.

Rumah sakit sebagai salah satu institusi pelayanan umum membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang akurat dan andal, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pasien serta lingkungan yang terkait lainnya. Dengan lingkup pelayanan yang begitu luas, tentunya banyak sekali permasalahan kompleks yang terjadi dalam proses pelayanan di rumah sakit. Banyaknya variabel di rumah sakit turut menentukan kecepatan arus informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dan lingkungan rumah sakit.

Menurut Handoyo (2008) dalam Lidya Andriani (2009), Pengelolaan data di rumah sakit merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan suatu sistem informasi di rumah sakit. Pengelolaan data secara manual, mempunyai banyak kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratannya juga kurang dapat diterima, karena kemungkinan kesalahan sangat besar. Dengan dukungan teknologi informasi yang ada sekarang ini, pekerjaan pengelolaan data dengan cara manual dapat digantikan dengan suatu sistem informasi dengan menggunakan komputer. Selain lebih cepat dan mudah, pengelolaan data juga menjadi lebih akurat.

Menurut Sanjoyo (2007) dalam Lidya Andriani (2009), Perkembangan sistem informasi rumah sakit yang berbasis komputer (Computer Based Hospital Information System) di Indonesia telah dimulai pada akhir dekade 80'an.


1.2 Rumusan Masalah

Bagaimana sistem informasi pendaftaran berbasis web pada pasien rawat jalan di rumah sakit ?


1.3 Tujuan Umum

Untuk mengetahui cara kerja sistem informasi pendaftaran berbasis web pada pasien rawat jalan di rumah sakit


1.4 Tujuan Khusus

1. Untuk mengetahui pengertian sistem informasi

2. Untuk mengetahui pengertian website

3. Untuk mengetahui pengertian pasien

4. Untuk mengetahui pengertian rawat jalan

5. Untuk mengetahui pengertian rumah sakit

6. Untuk mengetahui konsep Analisa Sistem Rawat Jalan


1.5 Manfaat

1. Memberikan kemudahan pada staf pendaftaran pasien dalam registrasi kunjungan pasien rawat jalan serta mempermudah dalam pembuatan laporan.

2. Memberikan kemudahan pada pihak rumah sakit dalam meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit serta mempermudah dalam mengambil keputusan manajerial.

 


BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Sistem Informasi

       Sistem informasi adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses dan menyimpan serta mendistribusikan informasi, Sutedjo (2002) dalam Lidya Andriani (2009).

Sistem informasi adalah suatu tipe khusus dari sistem kerja yang fungsi internalnya terbatas pada pemrosesan informasi dengan melakukan enam tipe operasi: menangkap (capturing), mentransmisikan (transmitting), menyimpan (storing), mengambil (retrieving), memanipulasi (manipulating), dan menampilkan (displaying) informasi, Jogiyanto (2007)  dalam Lidya Andriani (2009).

Menurut Loudon (2007:15) dalam Akhmad Syukron dan Noor Hasan, mengemukakan bahwa "Sistem Informasi (informasion System) secara teknis dapat didefinisikan sebagai sekumpulan komponen yang saling berhubungan mengumpulkan atau mendapatkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi".

 

2.2 Website

         Menurut Hidayat (2010:1) dalam Akhmad Syukron dan Noor Hasan (2015), Website adalah kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar, diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis. yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing masing dihubungkan dengan jaringan --jaringan halaman. .Jenis-jenis webberdasarkan sifat atau stylenya :

1. Website Dinamis

merupakan sebuah websiteyang menyediakan kontenatau isi yang selalu berubah --ubah setiap saat. Bahasa pemrograman yang digunakan antara lain php,asp, .netdan pemanfatakan database mysqlatau mssql.

2. Website Statis

merupakan websiteyang kontennya jarang diubah.bahasa pemrograman yang digunakan adalah html dan belum memanfaatkan database.


2.3 Pasien

       Pasien adalah seseorang yang menerima perawatan medis, menderita penyakit atau cedera dan memerlukan bantuan dokter untuk memulihkannya, Wikipedia (2008) dalam Lidya Andriani (2009).

Sedangkan menurut surat Keputusan Menteri Kesehatan RI no. 269/MENKES/PER/III/2008 dalam Lidya Andriani (2009), tentang rekam medis, pasien adalah setiap orang yang melakukan konsultasi masalah kesehatannya untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan baik secara langsung mapupun tidak langsung kepada dokter atau dokter gigi.


2.4 Rawat Jalan

        Menurut Feste (1989) yang dikutip oleh Azwar (1996) dalam Lidya Andriani (2009), pelayanan rawat jalan adalah salah satu bentuk dari pelayanan kedokteran. Secara sederhana yang dimaksud dengan pelayanan rawat jalan adalah pelayanan kedokteran yang disediakan untuk pasien tidak dalam bentuk rawat inap (hospitalization).

Menurut surat Keputusan Menteri Kesehatan RI no. 560/MENKES/SK/IV/2003 dalam Lidya Andriani (2009), tentang tarif perjan rumah sakit bahwa rawat jalan adalah pelayanan pasien untuk observasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi medik dan pelayanan kesehatan lainnya tanpa menginap di rumah sakit.

 

2.5 Rumah Sakit

        Rumah sakit adalah sebuah institusi perawatan kesehatan profesional yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat, dan tenaga ahli kesehatan lainnya, Wikipedia (2008) dalam Lidya Andriani (2009).

Menurut surat Keputusan Menteri Kesehatan RI no. 983/Menkes/17/1992 dalam Lidya Andriani (2009),  tentang pedoman organisasi rumah sakit umum adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat dasar, spesialistik, dan sub spesialistik, sedangkan klasifikasi didasarkan pada perbedaan tingkat menurut kemampuan pelayanan kesehatan yang dapat disediakan yaitu rumah sakit kelas A, Kelas B, (Pendidikan dan Non Pendidikan) kelas C dan Kelas D (Astaqauliyah, 2008).

 

2.6 Analisa Sistem Rawat Jalan

        Dalam Akhmad Syukron dan Noor Hasan (2015), Prosedur sistem merupakan suatu prosedur atau tahap-tahap yang dilakukan sebelum memulai kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sesuai dengan ruang lingkup dalam Laporan Kuliah Kerja Praktek, maka prosedur system berjalan yang diambil yaitu proses rawat jalan rumah sakit. Prosedur rawat jalan yang ada adalah sebagai berikut:

 1.Prosedur Pendaftaran

      Pasien datang ke rumah sakit, dan mendaftarkan diri dengan menyerahkan kartu berobat (KB) di bagian Tata Usaha (TU). Oleh bagian TU pasien ditanya mengenai keluhan apa saja tentang penyakitnya. Dari keluhan pasien tersebut bagian TU memberitahukan pasien untuk masuk Bagian Pemeriksaan yang tepat apakah masuk ke BPU (Bagian Pemeriksaan Umum), BPG (Bagian Pemeriksaan Gigi), atau KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Pasien diberi nomor urut untuk menunggu pemeriksaan. Untuk pasien dibawah umur enam tahun dan ibu hamil akan masuk periksaan KIA. Untuk pasien diatas enam tahun akan masuk periksaan BPU atau BPG.


2. Prosedur Pemeriksaan

     Bagian TU membuat rekam medik untuk rujukan pemeriksaan pasien. Rekam medik diserahkan ke Bagian Pemeriksaan yang akan dimasuki pasien. Setelah menerima rekam medic dari Bagian TU, Bagian Pemeriksaan memanggil pasien untuk melakukan pemeriksaan. Pasien masuk ke ruang pemeriksaan dengan menyerahkan nomor urut. Setiap akhir pemeriksaan pasien menerima resep dari Bagian Pemeriksaan sebagai data untuk mengambil obat di Loket Obat


3. Prosedur Pembuatan Obat

     Setelah melakukan pemeriksaan pada pasien, Bagian Pemeriksaan membuat resep obat dan menyerahkan resep ke Bagian Farmasi. Bagian Farmasi membuat obat sesuai dengan resep dari Bagian Pemeriksaan dan membuat rincian obat. Rincian obat berfungsi sebagai daftar obat dan dosis obat pasien. Bagian Farmasi menyerahkan obat dan rincian obat ke Bagian Loket Obat.


4. Prosedur Pengambilan Obat

     Pasien datang ke Loket obat dengan menyerahkan resep obat ke Loket Obat dan membayar biaya retribusi pengobatan. Setelah menerima resep obat dari pasien Bagian Loket Obat menyerahkan obat, rincian obat, dan nota retribusi pengobatan kepada pasien.


5. Prosedur Pembuatan Laporan

     Di setiap akhir bulan, Bagian Farmasi membuat LPPO (Laporan Pemakaian dan Permintaan Obat) dari data rincian obat.



 

BAB III

PENUTUP

3.1 Simpulan

       Menurut Radiant Victor Imbar, Yuliusman Kurniawan (2012), Sistem informasi berbasis web memberikan kemudahan dalam hal pendaftaran pasien baru, kecepatan dalam pengaksesan data pasien lama yang akan kembali berobat atau menjalani perawatan, melihat data dokter yang bertugas pada poliklinik tersebut dengan cepat.

Selain itu manfaat yamg lain diantaranya yaitu:

1. Dengan penggunaan komputer akan menghemat ruang penyimpanan, keamanan dan keutuhan data dapat lebih terjamin dan terpelihara.

2. Pendaftaran pasien rawat jalan dapat dilakukan secara mudah dan cepat.

3. Terhindar dari nomor rekam medis yang ganda karena sistem ini dapat mendeteksinya apabila ada nomor rekam medis yang sama.

4. Mempermudah petugas dalam mencetak kartu berobat, identitas pasien dan kunjungan pasien.

5. Mendapatkan informasi laporan harian dan bulanan secara cepat serta jenis laporannya dapat bervariasi sesuai dengan yang diperlukan.

6. Menghemat waktu dan tenaga dari petugas pendaftaran pasien.


3.2 Saran

Demi keamanan data, sebaiknya dilakukan backupdata setiap hari sehingga apabila terjadi sesuatu, data tersebut sudah ada backup-annya.



DAFTAR PUSTAKA

Andriani, Lidya. 2009. Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit dengan Menggunakan Program Komputer. Fakultas          Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara : Skripsi diterbitkan. (https://female.store.co.id/images/media/skripsi-kesehatan%20masyarakat%20-%20sistem%20informasi.pdf  diakses pada 20/10/2017 pukul 14.00 wib)

Imbar, R. V dan Yuliusman Kurniawan. 2012. "Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Medis Rawat Jalan Poliklinik Kebidanan dan Kandungan pada RSUD Kota Batam". Jurnal Sistem Informasi. Vol.7, (No 1), 53 -- 67. (https://jutisi.maranatha.edu/index.php/jusi/article/viewFile/304/302  diakses pada 22/10/2017 pukul 20.00 wib)

Syukron, Ahmad dan Hasan, Noor. 2015. "Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Pada Puskesmas Winong". Jurnal Bianglala Informatika.Vol.3, (No1), 28-34. (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/574/465 diakses pada 22/10/2017 pukul 21.00 wib)