Mohon tunggu...
Risma sintiya
Risma sintiya Mohon Tunggu... UIN WALISONGO SEMARANG

Hopi saya menonton film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemasaran Politik oleh Ganjar Pranowo dalam Kontestasi Pemilu 2024

1 April 2024   09:38 Diperbarui: 1 April 2024   10:00 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Marketing politik oleh Ganjar Pranowo menarik untuk dibicarakan karena Ganjar adalah figur yang cukup populer dan memiliki reputasi positif di mata masyarakat. Selain itu, dia dikenal memiliki pendekatan yang humanis dan dekat dengan rakyat, yang membuat strategi marketing politiknya menjadi unik dan berbeda yaitu dengan slogan "partaine wong cilik".

Target audiens Ganjar Pranowo cukup luas, mencakup semua lapisan masyarakat, namun dengan fokus utama pada rakyat kecil dan masyarakat menengah ke bawah. Ini terlihat dari cara Ganjar berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat, yang selalu menunjukkan empati dan kepedulian terhadap isu-isu yang dihadapi oleh rakyat biasa. Selain itu juga terlihat beliau menekankan pada pemilih pemula atau Gen Z, karena tidak bisa dipungkiri memang Gen Z merupakan demografi yang besar dan berpotensi untuk mempengaruhi hasil pemilu.

Tim marketing politik Ganjar Pranowo menyentuh target audiencenya melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial dan media massa. Ganjar dikenal aktif di media sosial, sering berbagi momen dan aktivitasnya yang menunjukkan sisi humanis dan dekat dengan rakyat. Selain itu, timnya juga aktif melakukan kampanye dan promosi di media massa, baik cetak maupun elektronik. Ganjar juga dikenal sangat harmonis dengan istrinya dimana selalu bersama istri di setiap kegiatan yang dilakukan oleh Ganjar, salah satunya selalu olahraga bareng dan tak jarang istrinya dengan suka rela memfotokan Ganjar dengan Ibu-Ibu yang tidak sengaja lewat. Menurut saya ini juga sebagai bentuk strategi untuk menarik pemilih ibu-ibu.

Pesan utama yang dibangun melalui marketing politik Ganjar adalah citra sebagai pemimpin yang peduli pada rakyat dan berkomitmen untuk mewujudkan kesejahteraan bagi semua lapisan masyarakat. Ganjar sering memfokuskan kampanyenya pada isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan rakyat, seperti pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Apakah marketing politik yang dilakukan Ganjar berhasil atau tidak, mungkin saya tidak bisa mengatakan secara pasti berhasil atau tidak. Namun, popularitas Ganjar dan respons positif yang diterimanya dari masyarakat menunjukkan bahwa strategi marketing politiknya cukup efektif. Bukti lainnya adalah banyaknya dukungan dari berbagai partai politik dan masyarakat untuk pencalonannya sebagai capres pada Pemilu 2024. Namun memang mungkin ada beberapa kendala yang mengakibatkan beliau kalah dalam kontestasi pemilu kemarin, dan kegagalan dalam pemilu tidak selalu mencerminkan kegagalan marketing politik. Namun tentunya, ada Pelajaran yang bisa diambil untuk marketing politik di masa depan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun