Menurut undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, anak usia dini adalah anak dengan usia 0-6 tahun. Para ahli juga berpendapat mengenai anak usia dini yaitu anak dengan usia 0-8 tahun. Sedangkan pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum sekolah dasar atau diberikan pada anak usia 0-6 tahun berupa stimulus tumbuh kembang jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan untuk menempuh  jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Menurut para ahli, anak yang mendapat pendidikan sejak dini memiliki peluang yang lebih besar untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Hal ini terjadi karena pada masa golden age anak diberikan stimulasi yang optimal sehingga membuat anak lebih unggul dalam berbagai keterampilan seperti problem solving skill, komunikasi, kolaborasi, dan creative thinking.Â
Beragam stimulasi diberikan pada anak saat usia dini bertujuan agar dapat mengembangkan kelima aspek perkembangan anak. Kelima aspek perkembangannya yaitu moral-agama, sosial emosional, kognitif, bahasa,dan  fisik motorik. Melalui artikel berita ini penulis akan memaparkan hasil penelitian mengenai uji coba penggunaan media bernama spatial math card untuk stimulasi kemampuan spatial awareness pada anak usia dini khususnya di lembaga PAUD.Â
Sekilas mengenai spatial awereness, apa yang dimaksud dengan spatial awareness?Â
Spatial awareness merupakan salah satu kemampuan matematis yang sangat penting untuk dimiliki anak usia dini. Kemampuan ini meliputi pemahaman tentang bentuk, ukuran, posisi, arah, dan gerakan dalam menggambarkan serta mengklasifikasikan objek fisik. penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kemampuan spatial merupakan konsep kunci yang dapat membentuk dasar pembelajaran matematika bagi anak. Selain itu, kemampuan spatial dapat berkontribusi terhadap performa individu di bidang science, technology, engineering, mathematics (STEM) serta kemampuan verbal dan matematika lainnya. Pentingnya Pentingnya kemampuan spatial awareness tersebut sayangnya berbanding terbalik dengan upaya stimulasi yang masih minim karena pembelajaran matematika di layanan PAUD cenderung ditekankan pada pengenalan angka atau aktivitas berhitung. Kasus serupa juga ditemukan bahwa pengenalan matematika di lembaga PAUD masih menggunakan paper pencil test. Hal tersebut dinilai kurang efektif mengingat karakteristik belajar anak adalah dengan bermain dan bereksplorasi.
Media Creative Math CardÂ
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menstimulasi kemampuan spatial awareness pada anak adalah melalui permainan matematika kreatif. Media creative math card untuk stimulasi spatial awareness pada anak usia dini diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Media creative math card  adalah media berbentuk kartu yang memuat konsep matematika dan dirancang dengan kreatif. Media creative math card digunakan untuk menjelaskan konsep dari spatial awareness yaitu bentuk, ukuran, posisi, arah, gerakan dalam menggambarkan serta mengklasifikasikan objek fisik.
Hasil RisetÂ
 Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Educational Design Research dengan melibatkan seorang uji ahli dan uji materi, kepala sekolah, guru dan anak usia dini. Proses pengumpulan data dari penelitian ini meliputi kuesioner, wawancara, studi dokumentasi dan rating scale. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu media creative math card sebagai media stimulasi spatial awareness yang terlah teruji kelayakannya serta mampu meningkatkan kemampuan spatial awareness pada anak dengan sangat baik.Â