Mohon tunggu...
Risma Desi Arianty
Risma Desi Arianty Mohon Tunggu... Guru - pengajar

menjadi manusia yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penggunaan Ice-Breaking pada Pembelajaran

25 September 2022   15:37 Diperbarui: 25 September 2022   15:41 88 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saat kegiatan pembelajaran berlangsung, ada kalanya siswa merasa bosan dan jenuh saat berada di dalam kelas. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhinya yaitu dari siswa sendiri yang kurang menyukai mata pelajaran tertentu serta metode pembelajaran yang digunakan guru terbilang klasikal dan monoton.  

Oleh karena itu, untuk mendorong siswa untuk semangat belajar perlu dilakukan suatu kegiatan yang dapat membuat siswa merasa senang . Ice breaking atau lebih dikenal dengan "pemecah es"  bisa menjadi alternatif yang dapat diaplikasikan di kelas. pengertian ice breaking itu sendiri adalah permainan atau kegiatan yang berfungsi untuk mengubah susasana kebekuan dalam kelompok (M. Said, 2010). 

Kegiatan Ice breaking bisa dilakukan  pada kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran maupun kegiatan penutup pembelajaran. Berikut adalah 4 contoh kegiatan ice breaking yang bisa digunakan di dalam kelas dan dapat diterapkan di semua mata pelajaran, antara lain :

1. Anagram 

Anagram adalah sebuah permainan menyusun kata atau kalimat.  Anagram  bisa digunakan untuk memperkaya kosakata siswa. anagram bisa dilakukan secara offline maupun di platform online. 

2. Crossword

Crossword atau yang lebih dikenal dengan teka-teki silang. Menurut Wikipedia teka teki silang adalah suatu permainan yang berbentuk serangkaian ruang-ruang kosong yang dimana pemain harus mengisi ruang kosong tersebut berdasarkan petunjuk yang telah diberikan.

3. Word Chain 

Word chain atau kata berantai adalah suatu permainan yang dimana pemain harus menemukan kata-kata yang dimulai dengan huruf atau huruf yang diakhiri dari kata sebelumnya.

4. Spelling Bee

spelling bee atau dalam bahasa indonesia bisa disebut permainan mengeja kata. dalam permainan ini siswa harus bisa mengeja kata secara benar. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan