PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM:
BAHASA INGGRIS ( ALPHABET) DI SD NEGERI 062 MOMPANG JAE
   Habib Azizi1,Nikmatul Wahidah2, Riski Rahmadani3
1,2,3STAIN Mandailing Natal, Panyabungan, Sumatra Utara
E-mail: 1sangvenom000@gmail.com,2wahidahnikmahtul@gmail.com, 3riskirahmadani6295@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru dalam pembelajaran berbasis STEAM (Science,Technology,Engineering,Arts,and Mathematics) pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Alphabet di kelas V-A SD Negeri 062 Mompang Jae.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.Subjek penelitian adalah satu orang guru dan 25 siswa kelas V-A.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu menerapkan unsur-unsur STEAM secara terpadu dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media gambar dan teknologi.Profesionalisme guru tercermin dalam perencanaan,pelaksanaan,dan evaluasi pembelajaran yang kreatif dan efektif. Penerapan pendekatan STEAM mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi Alphabet.
Kata Kunci:Profesionalisme Guru,STEAM,Bahasa Inggris,Media Gambar dan Teknologi, Sekolah Dasar.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, profesionalisme guru mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Profesionalisme terlihat dari kemampuan guru merancang pembelajaran, mengelola kelas, memahami karakter siswa, dan melakukan evaluasi yang sesuai.