Mohon tunggu...
Riska Yunita
Riska Yunita Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Be your own kind of beautiful

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Pentingnya Peran "Seksi Acara" dalam Sebuah Keluarga

26 Januari 2020   09:17 Diperbarui: 28 Januari 2020   12:10 310 5 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya Peran "Seksi Acara" dalam Sebuah Keluarga
pemandangan akhir pekan keluarga seperti ini sering terlihat di area-area rekreasi publik. (Shutterstock via Kompas Lifestyle)

Bagi keluarga dengan anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah, akhir pekan menjadi salah satu momen terbaik untuk bisa berekreasi atau sekadar berkumpul bersama keluarga. Waktu di mana ayah dan ibu istirahat sejenak dari pekerjaannya dan anak-anak pun sedang menikmati hari liburnya. 

Dulu, pemandangan akhir pekan keluarga seperti ini sering terlihat di area-area rekreasi publik. Entah mengunjungi wisata alam atau sekadar makan bersama keluarga di area bermain dalam ruangan. Namun dewasa ini, pemandangan yang demikian semakin jarang terlihat.

Dan sadarkah kita rutinitas akhir pekan bersama keluarga seperti di atas akan semakin jarang dilakukan ketika anak-anak sudah mulai beranjak remaja apalagi ketika mereka sudah mulai masuk dunia kerja? Anak-anak di usia tersebut cenderung akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman atau bahkan pasangannya. 

Waktu bersama keluarga pun akan terasa semakin sulit untuk dibangun lagi. Terlebih di era digital seperti saat ini.

Tak hanya sang anak, orang tua pun menjadi larut dalam dunianya bersama gadget dan aktivitas media sosialnya sendiri. Sebuah perubahan yang tak terasa mulai mengikis waktu-waktu yang seharusnya bisa diisi dengan aktivitas yang lebih berarti.

Lalu apakah semua keluarga akan menjadi seperti ini ketika anak-anaknya sudah semakin dewasa nanti?

Jawabannya, belum tentu.

Bahkan ini saya alami sendiri di dalam keluarga saya. Saya yang sudah bekerja dan seorang adik yang sudah mahasiswa masih aktif menikmati rutinitas akhir pekan keluarga seperti saat masa kecil kami. 

Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagi cerita dan mungkin bisa menjadi tips dan trik untuk dapat menjaga rutinitas akhir pekan bersama keluarga seperti yang saya lakukan sampai saat ini.

Di dalam sebuah keluarga harus ada minimal satu orang yang berperan sebagai "seksi acara". Sebuah peran yang bertugas mengatur acara yang melibatkan seluruh anggota keluarga.

Peran inilah nantinya yang akan menjadi pemimpin untuk terlaksananya acara. Bagaimana dia merekomendasikan sebuah rencana, mengatur waktu pelaksanaannya, hingga sampai terealisasikannya rencana tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN