Mohon tunggu...
Risca Amilya
Risca Amilya Mohon Tunggu... Universitas Muhammadiyah Jakarta - Ilmu Komunikasi

Universitas Muhammadiyah Jakarta - Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peran Human Relations Dapat Meningkatkan Motivasi Pegawai

5 Mei 2025   12:12 Diperbarui: 5 Mei 2025   21:51 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Human Relations yang terjadi pada suatu komunitas (Source: Dok. Pribadi)

Human Relations merupakan komunikasi persuasif yang dilakukan seorang individu kepada individu lain secara tatap muka dalam semua bidang kehidupan yang menimbulkan kebahagiaan dan kepuasan hati pada kedua belah pihak. Human relations tidak hanya sekedar berupa hubungan komunikasi antar manusia, melainkan terdapat nilai-nilai kemanusiaan yang dapat berpengaruh terhadap perubahan sifat, pendapat atau perilaku seseorang. Faktor dalam human relations berasal dari manusianya, yaitu berasal dari sifat, watak, tingkah laku, serta bukan hanya kewujudnya melainkan ke pribadiannya. Sebab human relations dapat dikatakan sebagai proses rohaniah yang mengandung sifat sifat rohaniah, perangai, kepribadian, sikap dan tingkah laku dengan tujuan mencapai kepuasan hati atau kebahagiaan. 

Berikut prinsip-prinsip yang menjadi nilai dasar dalam human relations:

1. Mutual Interest (Kepentingan Bersama)

Dalam suatu perusahaan dibutuhkan untuk adanya "mutual interest" atau kepentingan bersama. Setiap individu sudah dipastikan memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi kepentingan disini dimaksudkan setiap individu sama-sama memiliki kepentingan yang dapat tercapai dalam perusahaan tersebut. Kepentingan ini tidak "identical" tetapi bersifat "mutual", sehingga baik pemimpin maupun karyawan saling membutuhkan antara satu dengan lainnya untuk menghadapi dan memecahkan suatu masalah. Maka tujuan akan tercapai jika pemimpin dan karyawan memiliki solid yang sama untuk memperjuangkan kepentingan bersama. 

2. Perbedaan-Perbedaan pada Individu

Sesuai dengan falsafah dalam human relation yang dimana disebutkan terjadinya sebuah group atau kelompok itu dimulai dari individu. Sebab setiap individu memiliki perbedaan dari individu lainnya, yang menjadikan hal itu penting karena semenjak lahirnya individu tentu merasakan macam macam kejadian, interaksi dengan orang orang. Oleh karena itu agar terbentuknya suatu kelompok yang kuat didalam sebuah perusahaan, setiap pegawai harus diperlakukan sesuai dengan macam macam pengalaman dari setiap pegawai.

3. Human Dignity (Harga Diri)

Setiap pegawai  tentu memiliki rasa ingin dihormati atau diberikan perhatian, sebab dari perhatian itulah dapat membangkitkan atau menjadi arti besar bagi pegawai itu sendiri. Seperti yang dikutip oleh Ingram tentang pendapat William James mengenai Human Dignity (harga diri), yang dijelaskan bahwa setiap manusia memiliki hati kecil yang ingin dirinya dihormati dan dihargai. Seperti contoh ketika terdapat anggota keluarga dari seorang karyawan yang sedang sakit, sebagai seorang pemimpin dalam perusahaan tersebut sudah semestinya memberikan perhatian kecil ataupun besar dengan menawarkan pertolongan kepada karyawan tersebut.

Human relations bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, dikarenakan suatu hal yang dinamis yang tidak terlepas dari faktor manusia. Seperti hubungan karyawan dengan atasannya yang tidak disadari human relations dapat mempengaruhi motivasi kerja seseorang. Motivasi kerja ini sangat mempengaruhi terhadap pencapaian suatu organisasi. Berkenaan dengan hal ini human relations terdapat evaluasi prestasi kerja bagi karyawannya dalam perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan untuk dapat mengetahui sejauh mana skala pencapaian karyawan sehingga dapat dijadikan tolak ukur dalam pemberian kompensasi, juga bisa untuk pengembangan diri dengan tujuan adanya perbaikan dalam lingkungan kerja yang lebih berinovasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi dari setiap karyawan. 

Sehingga sebuah organisasi atau perusahaan perlu adanya pemberian insentif agar dapat memotivasi setiap karyawan untuk mampu memberikan dampak lebih terhadap suatu organisasi maupun perusahaan dalam aspek prestasi kerja yang terus meningkat. Berkaitan dengan hal tersebut jika setiap karyawan sudah termotivasi dengan baik oleh perusahaan, tentu mampu berdedikasi yang lebih besar terhadap keefektifan perusahaannya. Maka dengan hal itu, dapat menjadi kunci sukses seorang atasan di dalam perusahaan, sebab setiap karyawan menjadi termotivasi untuk menunjukan suatu pemerintahan yang dapat berjalan dengan efektif.

Terdapat lima hal perlu diperhatikan untuk meningkat motivasi kerja karyawan:

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
    Lihat Humaniora Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun