Mohon tunggu...
RISAYANTI
RISAYANTI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hallo..

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (21107030146)

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Optimisme Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia 2023

11 Juni 2022   17:20 Diperbarui: 11 Juni 2022   18:21 89 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Perhelatan kualifikasi piala asia 2023 sudah dimulai. Indonesia berada di Grup A bersama dengan tuan rumah Kuwait, Yordania dan Nepal. Indonesia dan nepal tidak diunggulkan dalam Grup ini. Kuwait sebagai tuan rumah dan Yordania sebagai tim yang menduduki peringkat fifa tertinggi menjadi unggulan.

Pada tahun ini, Indonesia mempunyai optimisme tinggi untuk lolos ke piala asia 2023. Walaupun secara peringkat fifa Indonesia masih berada di posisi 159, sedangkan Yordania di peringkat 91, Kuwait berada di peringkat 146, dan Nepal 168,  akan tetapi hal ini tidak dapat dijadikan acuan  siapa yang akan lolos ke piala asia 2023.

Sejauh ini pada pertandingan pertama yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 8 Juni 2023, Kuwait sebagai tuan rumah dan merupakan tim yang diunggulkan harus takluk oleh timnas Indonesia. Pada pertandingan pertama ini, Indonesia unggul tipis dari Kuwait dengan skor 1-2..

Sempat kemasukan gol terlebih dahulu pada menit 42 melalui sundulan Youssef Nasser, Indonesia tidak menyerah begitu saja. Pada menit 44 Rahmat Irianto dilanggar di kotak penalti sehingga berbuah penalty. Marc Klok sebagai algojo tidak menyianyiakan kesempatan emas ini, dengan penuh percaya diri ia mampu menjoploskan bola ke dalam gawang. Lewat gol ini, semakin membuat pemain Indonesia lebih percaya diri.

Pada menit ke 47, Indonesia mampu menambah keunggulan. Melalui skrimis yang terjadi di depan gawang Kuwait, Rahmat Irianto mampu memanfaatkan situasi tersebut menjadi gol. Gol terkahir tersebut sekaligus menjadi penentu kemenangan perdana bagi Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023.

Siapa yang menyangka Indonesia akan menang melawan Kuwait. Selain sebagai tuan rumah, Kuwait juga tim yang diunggulkan akan lolos ke Piala Asia 2023. Ini membuktikan bahwa Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata.

Setelah bertahun-tahun Indonesia dikalahkan oleh tim-tim timur tengah. Kali ini Indonesia pecah telor dengan menumbangkan Kuwait di kualifikasi Piala Asia 2023
Dengan kemenangan ini otomatis mengantarkan Indonesia naik peringkat pada rangking FIFA yang semula peringkat 159 naik ke peringkat 158. Indonesia masih mempunyai peluang untuk untuk memperbaiki peringkatkan FIFA dengan memaksimalkan dua pertandingan terakhir.

Ini adalah langkah baik yang ditunjukkan anak-anak garuda, mengingat pada pertandingan selanjutnya Indonesia akan bertemu dengan tim tangguh yakni Yordania. Rencananya pertandingan ini akan diselenggarakan pada hari Minggu, 12 Juni 2023.
Jika Indonesia mampu mengalahkan Yordania atau minimal bermain imbang, maka peluang untuk lolos ke Piala Asia 2023 semakin terbuka, karena pertandingan selanjutnya atau pertandingan terakhir Indonesia akan bertemu dengan Nepal yang merupakan  tim yang tidak diunggulkan dan berada di bawah Indonesia untuk rangking FIFA tetapi jangan sampai sampai dianggap remeh.

Pada kualifikasi Piala Asia 2023 ini, masyarakat menaruh harapan besar terhadap timnas Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Asia 2023. Hal ini bukan tanpa alasan, pertama, karena sudah sekitar 15 tahun Indonesia tidak mencicipi gelaran tergengsi se-Asia tersebut. Terakhir Indonesia mengikuti ajang tersebut pada tahun 2007. Pada waktu itu Indonesia menjadi tuan rumah bersama tiga negara Asia Tenggara lainnya yakni, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Kedua, ditangani pelatih sarat akan pengalaman. Shin Tae Yong merupakan pelatih Indonesia pada saat ini. Ia merupakan palatih yang sudah berpengalama, bahkan terkahir kali ia melatih Korea Selatan pada perhelatan Piala Dunia 2018. Bahkan pada saat itu timnya mampu mengalahkan timnas Jerman yang meruapakan juara bertahan piala dunia 2014.

Shin Tae Yong dikontrak untuk melatih timnas Indonesia sejak tahun 2020 yang lalu. Shin Tae Yong adalah sosok pelatih yang taua akan keadaan tim dan kebutuhan tim. Salah satu hal yang diperhatikan dalam sepak bola Indonesia adalah kondisi fisik pemain Indonesia yang lembek. Dengan didatangkannya Shin Tae Yong hal tersebut diyakini akan teratasi sehingga kekuatan pemain Indonesia bisa sejajar dengan pemain luar negeri lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan