Mohon tunggu...
Rintan Varadilla
Rintan Varadilla Mohon Tunggu... Manusia biasa

Venus yang sedang mencari Mars.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UM: Video Profil Desa, Mahakarya Mahasiswa Untuk Desa Bancar

5 Juli 2020   18:06 Diperbarui: 5 Juli 2020   18:04 60 2 0 Mohon Tunggu...


Desa Bancar merupakan salah satu dari 19 desa yang berada di Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.Secara pemerintahan, Desa Bancar dikepalai oleh seorang Kepala Desa yang dibantu oleh Sekretaris Desa, Kepala urusan tata usaha dan umum, kepala urusan perencanaan, kepala urusan keuangan, kepala seksi kesejahteraan, kepala seksi pemerintahan, kepala seksi pelayanan dan juga 3 orang kepala dukuh atau yang biasa kita sebut kamituwo.

Terletak sekitar 25km dari pusat kabupaten Ponorogo, desa bancar memiliki luas 197 hektar. Dimana berbatasan dengan Desa Bediwetan dan Bedikulon di sebelah utara, Desa Bungkal di sebelah selatan, Desa Padas di sebelah timur, dan Desa Kunti serta Desa Crabak di sebelah barat.

Sektor pendidikan di desa bancar ini sangat mendukung masyarakatnya untuk menempuh bangku pendidikan yang baik. Terbukti dengan adanya lembaga pendidikan seperti RA, SD, SMP hingga SMA. Sekolah Dasar yang ada di Desa Bancar ini adalah SD Negeri 1 dan SD Negeri   2 Bancar. Untuk Jenjang SMP terdapat SMP Negeri 2 Bungkal. Sedangkan pada jenjang SMA, terdapat SMA Negeri 1 Bungkal di wilayah desa ini. Akses pendidikan yang mudah dan dekat, menjadikan masyarakat desa bancar tidak kesulitan untuk mendapatkan ilmu dari bangku sekolah.
Seluas bagian dari desa bancar ini merupakan wilayah persawahan sehingga mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani dan pekebun.
Hal ini dibuktikan dengan adanya kelompok tani yang tidak hanya untuk laki-laki, tetapi juga kelompok tani wanita yang bernama "flamboyant"
Kegiatan kelompok tani wanita ini sangat beragam, mulai dari menanam sayuran untuk kebutuhan rumah, hingga buah-buahan tertentu yang dapat ditanam di pekarangan rumah masing-masing. Semangat membara dari para wanita tangguh ini mencerminkan gerakan emansipasi wanita yang tidak boleh hanya mengandalkan laki-laki untuk berkreasi dan berinovasi.
Tidak hanya itu, masyarakat desa bancar juga memiliki usaha dibidang produksi palawija yang sebagian besar berupa kunyit kering. Di halaman rumah ataupun di pinggir jalan desa Bancar, akan banyak sekali kita temukan irisan-irisan kunyit yang tengah dikeringkan di bawah sinar matahari
Desa yang berpenduduk sejumlah 3600 jiwa ini memiliki banyak sekali keberagaman. 

Namun, keberagaman tersebut tidak lantas menjadi suatu masalah, justru masyarakat desa bancar hidup dengan penuh kedamaian, sedamai alam raya dan segala keindahan alamnya.
Tak berharap banyak, semoga Desa Bancar akan tetap lestari dan damai sampai kapanpun nanti.

-Rintan Varadilla

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x