Mohon tunggu...
Rini Wulandari
Rini Wulandari Mohon Tunggu... Guru - belajar, mengajar, menulis

Guru SMAN 5 Banda Aceh http://gurusiswadankita.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bersama IndiHome Melahirkan Masdiblo

17 Juli 2022   23:40 Diperbarui: 18 Juli 2022   00:15 164 16 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sumber gambar: Dokpri (Buat Masdiblo bersama anak-anak)

Di sekolah ada dua paket 40 Mbps akses internet IndiHome, tapi cuma seperempatnya yang digunakan. Apa sebaiknya yang harus saya lakukan?. Apakah ini saat tepat Masdiblo "dilahirkan"?

Tentu saja saya tak bermaksud menyinggung siapapun, apalagi mengaitkan IndiHome dengan the real Mas Diblo, baik yang masih ada atau barangkali sudah lama pergi. Jadi maafkan saya sebelumnya. Tapi kelahiran ini penting dan segera harus dilakukan!.

Dalam kehidupan, kita sering berpikir dan berbicara tentang cara kita mengisi hari-hari kita. Begitu juga ketika bicara tentang pendidikan, kita membahas cara kita menggunakan nalar dan peluang kita untuk belajar. Ternyata, kedua hal tersebut berkaitan dan memiliki efek yang kuat terhadap satu sama lain, dengan cara yang mungkin belum kita ketahui sekarang.

Pikirkanlah hal-hal seperti: Bila kita menghabiskan hari-hari kita, hanya membiarkan semua berakhir, dan berlalu tanpa menyadari bahwa ada kebahagiaan yang sedang kita cari, setidaknya, kehidupan semestinya bisa menjadi sesuatu yang lebih baik.

Sebagian besar orang berpikir tentang pendidikan hanya dalam dua cara: mengikutinya dan menyelesaikannya. Dalam pandangan yang sempit dan dangkal itu, ilmu ibarat pasir yang sedang bergerak di dalam jam pasir: mengalir masuk dan keluar begitu saja. Ilmu tak memiliki nilai "material". Padahal ada tujuan lain, memaksimalkan kesenangan, kegembiraan, kebahagiaan dari penemuan, pencapaian.

Lama saya berpikir dan memikirkan gagasan tentang yang satu ini. Secara!, sebagai guru yang notabene mendidik dan berbagi pengetahuan, menularkan gagasan pendidikan yang sebenar-benarnya adalah sebuah prestasi dan pencapaian besar.

Hampir setiap hari saya berkutat di laboratorium komputer, sebagai kepala, merangkap guru mapel kewirausahaan dan ekonomi, karena basis pendidikan saya sebenarnya ekonomi akuntansi. Kadang-kadang muncul pemikiran gila mengawinkan gagasan ekonomi yang "materialistis" dengan komputer", siapa tahu bisa menghasilkan "sesuatu". 

Tapi pada akhirnya idenya justru memilih menularkan "kebiasaan menulis" kepada para siswa, setidaknya itu hal positif yang bisa saya lakukan untuk saat ini, berdasarkan passion saya yang tersembunyi.

Melahirkan Masdiblo Di Laboratorium

whatsapp-image-2022-02-15-at-15-06-32-62d42f726e7f0178aa6c72b2.jpeg
whatsapp-image-2022-02-15-at-15-06-32-62d42f726e7f0178aa6c72b2.jpeg
Sumber gambar: Dokpri (Buat Masdiblo bersama anak-anak)

Di waktu-waktu luang saya sering memikirkan deretan 80 personal komputer di dua laboratorium yang menjadi wilayah "kekuasaan" saya, tapi sedikit 'teronggok", dengan akses IndiHome internetnya Indonesia yang paling populer, dengan kapasitasnya yang besar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan