Mohon tunggu...
Ringroad East
Ringroad East Mohon Tunggu... -

always curious of everything

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Suka Duka "Travelling"

5 September 2017   17:41 Diperbarui: 5 September 2017   17:43 481
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Mengadakan perjalanan (travelling) memberikan banyak manfaat pertams kita dapat melihat suasana pemandangan yang menarik ataupun pemandangan yang kurang menarik atau bahkan mungkin mengerikan tetap akan memberi kesan kepada minda dan perasan kita.

Kedua jika kita travelling mengikut paket kita akan dapat mengenal kwalitas pelayanan sesuatu syarikat.

Ketiga kita akan dapat mengenali karakter kawan-kawan seperjalanan kita ada yang suka membantu dan mengambil berat kawan yang memerlukan bantuan atau melihat kawan yang hanya mementingkan diri sendiri.

PENGALAMAN PERTAMA.

Tahun 2002 aku berumrah sendirian ikut sebuah syarikat. Paket perjalanan itu 14 hari yang menarkan lawatan 2 hari 2 malam ke Jordan dan 12 hari meliputi lawatan 3 hari di Madinah dan Makkah. 

Kawan-kawan sebiliku ada 3 orang , mereka adalah orang-orang yang telah berusia 60 tahun ke atas. Ada tersedia satu kamar mandi dengan 2 mangkok tandas untuk BAB,  BAK  dan shower. Ya untuk menggunakannya kami harus bergiliran. Aku selalu menggunakannya belakangan untuk menghormati mereka.

Suatu ketika rombongan kami akan ke Tanaim untuk berniat umrah dari sana. Ketika aku telah siap dan turun ke lobi hotel aku telah ditinggalkan mereka. Aku menungu seketika di depan hotel tiba-tiba datang sebuah nis ysng isinya hanya 12 orang, rupanya bis itu akan ke Jakranah yang jaraknya 15 km dari Makkah. Kalau aku menyewa sebuah taksi ke sana aku harus membayar SAR30. Aku dibenarkan naik bis itu. Rupanya ketua rombongan itu orang yang aku kenal, alhamdulillah aku lebih beruntung karena umrah dari Jakranah adalah lebih utama daripads dari Tanaim dan tak bayat pula.

PENGALAMAN KEDUA

Tahun 2014 aku berumrah ikut paket syarikat lain pula. Ala itu umrah langsung turun di bandara Jeddah di kompleks berbumbung kemah. Rombongan kami tiba di kompleks itu waktu Asar. Kami harus menunaikan sholat Asar di kawasan menunggu. Malangnya hanya tersedia satu WC dengan 2 bilik untuk satu pesawat yang separoh penumpangnya adalah wanita. WC itupun tidak tersedia selang air atau ember dengan ciduknya untuk cebok. Terpaksalah aku gunakan botol mineral untuk isi air untuk cebok. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun