Mohon tunggu...
Riko Agus Pramono
Riko Agus Pramono Mohon Tunggu... Mahasiswa UMM Malang

Riko Agus Pramono 201710170311025 FEB / Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pembuktian Ikan Busuk Mulai dari Kepalanya Terlebih Dahulu

18 Januari 2021   11:43 Diperbarui: 18 Januari 2021   11:46 43 1 0 Mohon Tunggu...

Filosofi "ikan busuk di mulai dari kelapannya terlebih dahulu" sudah di kenal masyarakat pada zaman dulu, banyak masyarakat yang sudah mengetahui hal tersebut terutama di lingkungan pasar yang menjual ikan. Dimana masyarakat selalu melihat dulu ikan dari bagian kepalanya terlebih dahulu. Jika kepala ikan tersebut sudah busuk, maka sudah dapat di pastikan ikan tersebut tidak layak di konsumsi. Tetapi masih banyak masyarakat yang belum memahami makna filosofi ini.


Makna dari filosofi ikan busuk yang di mulai dari kepalanya terlebih dahulu ini di ibaratkan pembusukan atau akar kerusakan yang terjadi di masyarakat, organisasi, perusahaan, bahkan negara di mulai dari atasan. Seorang pemimpin di ibarakan sebagai kepala ikan, jika terjadi kesalahan dalam lembaga maka yang bertanggungjawab atas kesalahan tersebut ialah kepala (pemimpin).


Di dalam dunia bisnis sendiri karakter atau sifat seorang pemimpin dalam perusahaan akan di pandang dan di tiru oleh staf lainnya. Karakter atau sifat pemimpin tersebut sebagai cerminan perusahaan dapat berkembang baik atau tidaknya. Jika karakter atau sifat seorang pemimpin tersebut tidak baik, maka staf lainnya juga akan mengikuti hal tersebut dan akan menimbulkan masalah pada perusahaan.  Begitu pula dengan kebalikannya, jika karakter atau sifat dari seorang pemimpin baik, maka staf lainnya akan bekerja lebih baik pula bagi perusahaan karena pemimpin merupakan patokan bagi staf lainnya untuk bekerja.


Maka dengan hal tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa dengan membuktikan ikan busuk di mulai dari kepalanya terlebih dahulu selama dalam 7 hari memang benar. Peran terpenting dalam perusahaan adalah seorang pemimpin. Apabila ada seorang staf yang melakukan kesalahan, maka hal tersebut tidak akan berpengaruh besar bagi perusahaan. Disinilah peran pemimpin di butuhkan yaitu melakukan pengontrolan dan pembinaan terhadap staf nya melalui pendekatan dengan penuh perasaan untuk mengetahui masalah apa sedang di hadapinya dan memberikan solusi agar staf nya tersebut bisa bekerja lebih baik lagi untuk perusahaan. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x