Mohon tunggu...
Riki Dwi Saputra
Riki Dwi Saputra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa - Pendatang Baru

Pencari ilmu

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Apa Saja Hal-hal yang Perlu Kita Persiapkan sebelum Melakukan Pendakian Gunung?

15 Agustus 2021   11:00 Diperbarui: 15 Agustus 2021   11:15 61 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

       Mendaki gunung sekarang menjadi salah olahraga yang sedang digandrungi oleh teman - teman millenial, Faktanya memang dengan naik gunung pikiran kita menjadi fresh kembali karena disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, Bagi sebagian orang naik gunung adalah salah satu cara mencari konten untuk nantinya diupload di media sosial mereka, sehingga mereka melupakan hal - hal yang harus mereka persiapkan pada saat ingin memulai pendakian.

Pendakian bukanlah hal yang selamanya menyenangkan, karena kita tidak tahu bagaimana kondisi alam nantinya, alam memang tidak dapat ditebak, bisa sewaktu - waktu badai, hujan maupun longsor, maka dari itu kita perlu menyiapkan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai pendakian. Simak hal berikut ini agar kalian tahu apa saja  yang harus dipersiapkan.

1. Izin Orang tua

Sering kali bagi para pendaki khususnya yang baru akan memulai akan kesulitan meminta izin orang tua,  hal ini karena rasa khawatir orang tua jika nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Tetapi kalian tidak boleh memaksakan kehendak, jika memang orang tua kalian belum  juga mengizinkan, coba yakinkan kembali kalian bisa, jangan naik tanpa izin orang tua ya sob, karena itu sesuatu yang tidak baik dan takutnya nanti alam tidak suka itu.

2. Persiapan Mental & Fisik

Mendaki gunung memerlukan tubuh yang kuat berjalan berjam - jam tanpa henti, maka dari itu persiapkan fisik kalian agar kuat nantinya, biasakan olahraga tiap pagi agar membentuk imunitas kuat dalam tubuh kalian, jika pada saat pendakian kalian merasa badan tiba - tiba kurang fit, jangan paksakan jalan, hal itu malah dapat berakibat fatal, bilang saja pada leader tim kalian kalau kalian merasa lelah dan butuh istirahat sebentar. Latih juga pola pernafasan kalian agar terhindar dari sesak nafas pada saat pendakian.

3. Persiapan Logistik 

Bagi kalian yang berniat menginap diatas, tentunya kalian butuh persediaan logistik (makanan dan minuman) yang cukup sesuai perhitungan jumlah anggota tim dan berapa lama kalian menginap. Usahakan membawa logistik lebih banyak dari perhitungan agar nantinya jika ada hal yang tidak diinginkan kalian masih memiliki cadangan makanan untuk bertahan. 

Umumnya yang dibawa pada saat pendakian antara lain : Air minum, Makanan ringan, Beras secukupnya atau kalian bisa membawa nasi dari bawah dan sayuran mentah jika ingin memasak di atas.

4. Perlengkapan Equipment Pendakian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan