Mohon tunggu...
Rijo Tobing
Rijo Tobing Mohon Tunggu... Novelis

Penulis buku kumpulan cerpen "Randomness Inside My Head" (2016), novel "Bond" (2018), dan kumpulan cerpen "The Cringe Stories" (2020) dalam bahasa Inggris. rijotobing.wordpress.com.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Cara Jitu Mengatasi Stres

8 April 2021   12:57 Diperbarui: 8 April 2021   16:57 624 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Jitu Mengatasi Stres
Ilustrasi stres (Sumber: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah beberapa hari lalu saya merepet panjang kali lebar kali tak jelas mengapa saya stres, hari ini saya berniat mengambil jarak terhadap perasaan saya dan mulai menyelidikinya dengan logika. Dan tentu saja membagikannya dalam bentuk tulisan dengan Anda. Siapa tahu bisa bermanfaat ketika Anda menghadapi situasi yang sama dengan saya.

Mengapa saya stres?

Mengapa Anda stres?

Mengapa semua orang stres?

Terkadang tidak mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ya, stres terjadi, kita mengalami stres dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Penyebabnya ada banyak sekali, seperti masalah di rumah, masalah di pekerjaan, masalah di komunitas, kesulitan finansial, masalah kesehatan, dan seterusnya, dan sebagainya, penyebabnya terlalu banyak untuk didaftarkan satu per satu. Pokoknya stres terjadi selama kita masih hidup dan bernapas.

Waktu saya mengalami stres beberapa hari lalu (dan masih mengalami stres sampai sekarang), saya banyak berpikir dan saya sampai pada sebuah kesimpulan, semua penyebab yang saya sebutkan di atas bukanlah penyebab stres

Mereka adalah lokasi di mana akar permasalahan yang menyebabkan stres itu terjadi. Jika demikian, maka apakah yang bisa menjadi stressor atau pemicu terjadinya keadaan dan perasaan stres?

Berikut ini adalah hasil perenungan saya akan penyebab-penyebab stres:

1. Tidak adanya kendali
Ada banyak hal yang manusia bisa kendalikan di dalam hidupnya, dan ada lebih banyak lagi hal yang berada di luar kendalinya. 

Ketika kita memegang kendali sepenuhnya, kita bisa mengukur input dan output dari sebuah proses.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x