Mohon tunggu...
Muhammad Rijal Kamil
Muhammad Rijal Kamil Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan untuk mendapatkan gelar sarjana pendidikan matematika di Universitas Singaperbangsa Karawang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar Matematika dengan Kartu Mathcard

2 Juni 2020   20:33 Diperbarui: 2 Juni 2020   20:34 295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Matematika merupakan salah satu bidang pelajaran yang dikenal sangat sulit, dan sering sekali dihindari oleh siswa-siswi, untuk mengatasi kesulitan dan meninggkatkan ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran matematika diperlukan kreativitas pendidik dalam proses pembelajaran. maka dari itu diciptakanlah kartu Matcard untuk mempelajari ataupu  mengenal bangun datar. 

Kata Mathcard diambil dari dua kata dalam bahasa inggri yaitu "Math" dan "card". Math yang berarti dalam bahasa indonesia ialah matematika, dan card yang berarti dalam bahasa Indonesia ialah kartu.

Dalam hal ini berarti permainan Mathcard merupakan permainan kartu yang didalamnya terdapat unsur-unsur matematika seperti bangun datar dan informasi mengenai bangun datar tersebut. pada umumnya Mathcard diciptakan untuk permainan dalam proses pembelajaran matematika, dengan tujuan peserta didik dapat tertarik terhadap matematika, dan mengenal bentuk-bentuk geometri matematika seperti persegi panjang, segitiga, trapesium, dan belah ketupat.

Selain mengetahui bentuk diharapkan peserta didik dapat mengetahui rumus luas serta dapat menghitung luas suatu bangun datar tersebut. Karena pada dasarnya permainan ini membutuhkan perhitungan matematika serta pemahaman mengenai bentuk-bentuk bangun datar.

Adapun langkah-langkah dalam bermain Mathcard sebagai berikut:

  • setiap peserta mengetahui bagaimana cara mencari luas bangun datar. Sehingga sebelum dilakukan permainan pendidik memberikan informasi mengenai kartu tersebut dan cara-cara bermainnya termasuk cara menghitung luas bangun datar persegi, segitiga, trapesium dan belah ketupat.
  • Permainan dilakukan oleh 4 orang. Dapat dilakukan secara tim dimana 1 tim terdiri dari 4 orang dan permainaan dilakukan oleh 4 tim.
  • Kartu Mathcard dikocok
  • Satu kartu Mathcard disimpen dan setiap peserta tidak boleh mengetahui kartu tersebut.
  • Kartu dibagikan ke setiap peserta (salah seorang hanya mendapatkan 3 kartu).
  • Setiap peserta menghitung luas bangun datar yang terdapat di kartu yang didapatkannya.
  • Apabila dari dua kartu dijumlahkan menghasilkan nilai 100 maka dapat disimpan dengan catatan kedua kartu tersebut bangun datar yang berbeda. Contohnya seperti dibawah ini
    dokpri
    dokpri
  • Gambar diatas merupakan contoh kartu yang dapat disimpan
  • Dari gambar 2.4.3 terdapat kartu pertama dengan bangun persegipanjang dimana luasnya adah 5 x 4 = 20 dan pada gambar kedua merupakan bangun segitiga dengan luas x 16 x 10 = 80 jika kedua kartu tersebut di jumlahkan maka hasilnya adalah 20 + 80 = 100. Kartu tersebut dapat disimpan sehingga peserta hanya memegang kartu sisanya saja.
  • Kemudian untuk mencari kartu agar bernilai 100 dengan bangun datar yang berbeda maka setiap peserta dapat mengambil kartu dari peserta lain, peserta yang mendapatkan 3 kartu dapat mengambil kartu ke peserta lain yang berada disebelahnya dan terus dilakukan oleh peserta lain hingga menemukan 2 kartu yang jika dijumlahkan bernilai 100.
  • Apabila peserta dapat mengumpulkan 4 buah kartu dengan 2 kartu bernilai 100 dan 2 kartu lagi bernilai 100 maka peserta dibolehkan mengambil kartu soal yang sudah dipersiapkan oleh pendidik (9 kartu yang didalamnya terdapat permasalahan mengenai bangun datar).
  • Peserta dapat menjawabnya sendiri dan jika benar maka peserta mendapatkan nilai 100, peserta juga dapat melemparkan soal tersebut kepada peserta lain, apabila peserta lain tidak dapat menjawabnya maka peserta yang melemparkan soalnya mendapatkan nilai 50, apabila peserta yang diberikan soal tersebut dapat menjawab soal tersebut maka poin 50 diberikan kepada peserta tersebut dan peserta yang melemparkan soal tidak mendapatkan nilai.
  • Langkah 9-10 dilakukan hingga terdapat 3 kelompok yang telah selesai mengumpulkan 4 buah kartu. Dan akan diulangi hingga 3 ronde.
  • Peserta yang memperoleh nilai terbesar menjadi juara, dan akan mendapatkan penghargaan dari pendidik.

Nah gitu cara bermain kartu Mathcard, cukup mudah bukan? kita dapat melakukan permainan itu dalam kegiatan sehari-hari bersama keluarga atau bersama teman.

Dan untuk guru ataupun pendidik dapat menerapkan permainan ini kedalam proses pembelajaran, sehingga matematika menjadi lebih menyenangkan dan siswa tidak takut lagi pada matematika. Yuk teman-teman saatnya mencoba permainan ini!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun