Mohon tunggu...
Rifqoh Roziah
Rifqoh Roziah Mohon Tunggu...

masih dalam proses menjadi seseorang yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Lingkungan Berpengaruh Penting dalam Perkembangan Emosi dan Suasana Hati

14 April 2018   17:30 Diperbarui: 14 April 2018   17:59 830 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lingkungan Berpengaruh Penting dalam Perkembangan Emosi dan Suasana Hati
Ilustrasi: https://pondokibu.com

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia dan dapat mempengaruhi perkembangan hidup manusia. Yang termasuk dalam lingkungan adalah keadaan sumber daya alam, flora, fauna, manusia.

Komponen lingkungan terdiri dari biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti manusia, tumbuhan, dan hewan. Sedangkan komponen abiotik adalah segala sesuatu yang tidak bernyawa seperti udara, cuaca, iklim, cahaya, bunyi, dan lain-lain.

Setelah memahami lingkungan dengan ilmu biologi.

Bagaimana dengan lingkungan anak?

Bagaimana dengan lingkungan dimana anak hidup dan akan bertumbuh kembang? Lingkungan setting dimana anak hidup dan bertumbuh kembang meliputi keluarga, teman sebaya, sekolah, dan tetangga. Interaksi yang paling dekat untuk anak bersosialisasi dengan langsung adalah orang tua, teman sebaya, dan guru.

Interaksi anak dengan sang lingkungan terdekat akan mengakibatkan pengaruh terhadap perkembangan emosi dan suasana hati anak.

Bukan hanya interaksi lingkungan, lingkungan yang menyenangkan juga memiliki pengaruh terhadao perkembangan emosi dan suasana hati anak.

Lingkungan menyenangkan adalah lingkungan anak yang dapat membuatnya senang, bersuka hati, dan bangkitnya rasa senang. Sebaiknya anak tidak dibiarkan dalan ruangan yang terbatas. Biarkan, luangkan waktu dan batasi anak untuk bersinggungan dengan dunia nyata dan alami.

Biarkan anak melatih kemandirian dan tanggung jawabnya.

VIDEO PILIHAN