Mohon tunggu...
Ahmad Nur Rifqi
Ahmad Nur Rifqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bukan Mahasiswa Biasa

Ilmu pengetahuan, perasaan, pengalaman, keresahan, ide dan banyak hal lainnya yang dapat menjadi alasan kuat untukmu menulis. Simpan tulisan itu, dan itu akan menjadi salah satu alat bantu bagimu untuk mengingatnya.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Fenomena Ghozali Naikan Pamor NFT

17 Januari 2022   20:49 Diperbarui: 18 Januari 2022   06:56 197 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : Diolah Penulis Ahmad Nur Rifqi

Dalam beberapa waktu terakhir demam "Ghozali Everyday" menjadi tranding topic di jagat media sosial Indonesia. Perbincangan ini berawal dari seorang pemuda bernama Sultan Gustaf Al Ghozali yang kini dikenal dengan sebutan Ghozali Everyday yang menjual foto selfienya di suatu marketplace bernama OpenSea.

Ghozali menjual semua swafotonya ini dalam bentuk Non-Fungible Token atau yang lebih dikenal dengan NFT. Siapa sangka kini swafoto yang diambil dan dijual secara iseng tersebut ternyata dapat memberikan keuntungan yang fantastis, yakni hingga miliyaran rupiah.

Mungkin bukan Indonesia namanya jika tidak cepat dalam mengikuti suatu trend yang sedang viral, demam NFT menjadi bahasan utama banyak orang belakangan ini. Lalu apa itu sebenarnya NFT? Mengapa bisa memberikan keuntungan yang fantastis hanya pada sebuah foto selfie?

NFT merupakan item digital yang bisa diperjualbelikan menggunakan teknologi blockchain dalam mata uang kripto atau cryptocurrency. Tidak seperti benda atau aset lain yang diperjualbelikan dengan nilai sepadan, NFT mempunyai nilai jual yang dianggap tidak sepadan. Singkatnya NFT merupakan suatu jenis aset digital.

NFT secara umum hadir dalam berbagai format digital, seperti JPEG, PNG, GIF, dan lain sebagainya. Pada dasarnya dalam NFT harga jual akhir dari karya anda akan bergantung pada beberapa faktor subjektifitas seperti kualitas karya, kreativitas, hingga pada reputasi pemilik karya bagi calon pelanggan

Maka jika memang ingin berhasil dalam menjual NFT, maka dirasa penting untuk terlebih dahulu menyesuaikan target pasar NFT dan jenis karya yang ingin dicantumkan. Namun, beberapa waktu terakhir ada sedikit kekhawatiran, karena banyak masyarakat Indonesia yang salah dalam mengartikan NFT dan kerja marketplace OpenSea.

Terdapat cukup banyak gambar kartu identitas penduduk atau KTP yang di upload dalam NFT dan dijual dalam marketplace OpenSea dengan harapan dapat mendapat cuan instan yang sama dengan yang didapat oleh Ghozali Everyday. KTP yang seharusnya mengandung informasi diri yang sifatnya rahasia, tetapi malah diperjualkan secara bebas di marketplace besar secara online.

Masih diselidiki apakah memang ada oknum yang dengan sengaja dan dengan tidak bertanggung jawab, mengupload foto kartu identitas milik orang tidak dikenal atau memang orang-orang tersebut secara sukarela membagikan identitas KTP nya dalam marketplace online dan berharap keuntungan dari NFT tersebut.

Tentu hal ini tidak dapat dibenarkan, karena bagaimanapun kartu identitas merupakan barang yang sifatnya rahasia yang berisi informasi tentang diri. Sehingga jika identitas itu tersebar secara luas, ditakutkan dapat disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk tujuan buruk lain yang lebih besar.

Oleh karena itu, dengan viralnya fenomena Ghozali Everyday ini sebenarnya menjadi pintu edukasi untuk banyak masyarakat Indonesia untuk mengenal NFT sebagai suatu aset digital yang dapat memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Namun, disisi lain baik dari pemerintah ataupun pihak-pihak yang sudah ahli dalam bidang ini, diharapkan dapat memberikan edukasi secara baik kepada masyarakat luas agar kasus seperti penjualan foto identitas di atas tidak terulang lagi. Jangan sampai niat hati ingin mendapat cuan, namun malah jadi target kejahatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan