Mohon tunggu...
Rifky Julio
Rifky Julio Mohon Tunggu... Lainnya - Fresh Graduate (Baca: Penggangguran)

Sekedar menulis apa yang ingin ditulis. Antropologi | Anime | Daily Life | Fiksi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Bekerja di Divisi Desain Acara Kampus

5 Juni 2021   20:41 Diperbarui: 5 Juni 2021   20:41 3190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mendesain. (Foto oleh Anthony Shkraba via Pexels)

Kegiatan atau acara kampus memang kerap membuka rekrutmen panitia terbuka bagi mahasiswa. Salah satu divisi yang paling sering dan pasti ada di setiap acara kampus adalah divisi yang berhubungan dengan desain-mendesain.

Bentuknya bervariasi dan sering disandingkan dengan bidang media dan dokumentasi seperti Publikasi, Desain, dan Dokumentasi (PDD), Publikasi dan Dokumentasi (Pubdok), Desain dan Dokumentasi (DD), Publikasi dan Media (Pubmed), dan lain-lain.

Tips-tips berikut saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi mengikuti berbagai kepanitiaan di kampus. Selama kurang lebih dua tahun, saya selalu bergabung dengan divisi khusus desain, baik karena kemauan sendiri atau memang diminta oleh teman atau kakak tingkat. Namun, berkat itu semua saya bisa mendapatkan beberapa hal yang cukup berharga, khususnya kemampuan dalam edit dan desain.

1. Kembangkan Ide Sebanyak Mungkin

Setiap acara di kampus pasti punya temanya tersendiri. Disinilah peran divisi media dibutuhkan untuk memvisualisasikan tema tersebut dengan menarik dan kreatif.

Biasanya akan diawali dengan brainstorming bersama untuk menentukan beberapa hal seperti: gaya desain, color palette, font, dan sebagainya. Masing-masing staf akan diminta mengutarakan pendapat atau idenya untuk desain visual acara.

Kamu bisa cari berbagai referensi ide desain di Pinterest, Behance, atau platform desain grafis lainnya. Dari referensi yang ada, coba diskusikan dan kembangkan lagi agar cocok dengan tema acara.

2. Atur Timeline yang Rapih

Timeline yang baik akan sangat membantu kamu dalam bekerja. Umumnya acara kampus yang tergolong besar mempunyai periode waktu 3-4 bulan.

Mulai atur timeline dengan membagi tenggat desain, misal desain publikasi di media sosial setiap minggunya dan desain barang-barang cetak satu bulan sebelum hari H acara.

3. Saling Membagi Tugas

Divisi tak ada artinya jika tidak saling membagi tugas dalam bekerja. Setiap orang pasti punya kapasitasnya masing-masing, sehingga penting untuk membagi tugas.

Apalagi untuk divisi media dan desain yang terus menerus bekerja dari awal hingga hari H acara. Belum lagi kalau digabung dengan divisi dokumentasi, pasti bekerja sampai akhir acara tuh. Maka dari itu, pembagian tugas penting agar bekerja menjadi lebih efektif.

4. Usahakan Jangan Ngedeadline

Baik di perkuliahan maupun acara kampus, deadline pasti akan selalu ada. Atur waktumu sebaik mungkin agar tidak terlambat menyelesaikan pekerjaan, seperti membuat desain feeds instagram, atau membuat poster acara. Manajemen waktumu akan sangat mempengaruhi timeline kerja dan acara secara keseluruhan.

5. Jangan Sungkan Meminta Bantuan

Jika kamu sedang bentrok dengan tugas kuliah atau hal lainnya, jangan sungkan meminta bantuan kepada ketua atau staf divisi.

Tapi ingat, jangan sampai terus-terusan melempar pekerjaanmu, karena bisa saja kamu dicampakkan atau dikeluarkan dari tim. Usahakan beri balasan juga berupa mengerjakan yang lain atau memberi imbalan sebagai rasa terima kasih.

6. Tetap Santai Walau Revisi Membantai

Hal yang agak memuakkan dari pekerjaan mendesain adalah revisi. Namun, hal itu wajar karena tak setiap percobaan pertama kita selalu berhasil diterima ketua divisi atau panitia inti. Terlebih untuk acara besar di level universitas yang pastinya menuntut visual yang lebih dari biasanya.

Kunci menghadapinya adalah tetap sabar dan jangan diambil hati. Tapi bukan berarti kamu harus terus menerus menerima segala revisian. Cobalah berdiskusi tentang hal yang kurang secara jelas agar kamu tidak terus menerus dibantai revisi.

7. Jangan Malu Untuk Belajar

Ini adalah hal yang penting, jangan pernah malu dan takut untuk belajar hal yang baru. Tak ada salahnya menanyakan cara, tips dan trik desain dan penggunaan aplikasi desain kepada sesama staf atau ketua divisi.

Bahkan jika beruntung, bisa juga minta diadakan workshop session khusus divisi media agar sama-sama saling belajar.

Itulah tujuh tips yang bisa saya berikan. Saya belum sepenuhnya ahli dalam mendesain, mungkin kalau ada pembaca yang lebih veteran bisa sharing juga tips lainnya di kolom komentar.

Selain itu, untuk kamu yang belum pernah sama sekali mendaftar divisi ini jangan takut untuk mencoba. Divisi ini seringkali kekurangan staf karena banyak orang yang merasa ragu bisa mendesain dan mengedit.

Tidak usah merasa kecil hati jika desain yang kamu buat tak sebagus staf lain. Kreativitas akan meningkat seiring dengan pengalaman yang kamu peroleh dari menjadi panitia acara kampus.

Semoga bermanfaat dan tetap semangat mendesain!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun