Mohon tunggu...
Rifky Julio
Rifky Julio Mohon Tunggu... Mahasiswa Antropologi

Penunggu Kamar. Sekedar menulis apa yang ingin ditulis. Antropologi | Anime | Daily Life | Fiksi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Bekerja di Divisi Desain Acara Kampus

5 Juni 2021   20:00 Diperbarui: 5 Juni 2021   20:41 180 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Bekerja di Divisi Desain Acara Kampus
Ilustrasi mendesain. (Foto oleh Anthony Shkraba via Pexels)

Kegiatan atau acara kampus memang kerap membuka rekrutmen panitia terbuka bagi mahasiswa. Salah satu divisi yang paling sering dan pasti ada di setiap acara kampus adalah divisi yang berhubungan dengan desain-mendesain.

Bentuknya bervariasi dan sering disandingkan dengan bidang media dan dokumentasi seperti Publikasi, Desain, dan Dokumentasi (PDD), Publikasi dan Dokumentasi (Pubdok), Desain dan Dokumentasi (DD), Publikasi dan Media (Pubmed), dan lain-lain.

Tips-tips berikut saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi mengikuti berbagai kepanitiaan di kampus. Selama kurang lebih dua tahun, saya selalu bergabung dengan divisi khusus desain, baik karena kemauan sendiri atau memang diminta oleh teman atau kakak tingkat. Namun, berkat itu semua saya bisa mendapatkan beberapa hal yang cukup berharga, khususnya kemampuan dalam edit dan desain.

1. Kembangkan Ide Sebanyak Mungkin

Setiap acara di kampus pasti punya temanya tersendiri. Disinilah peran divisi media dibutuhkan untuk memvisualisasikan tema tersebut dengan menarik dan kreatif.

Biasanya akan diawali dengan brainstorming bersama untuk menentukan beberapa hal seperti: gaya desain, color palette, font, dan sebagainya. Masing-masing staf akan diminta mengutarakan pendapat atau idenya untuk desain visual acara.

Kamu bisa cari berbagai referensi ide desain di Pinterest, Behance, atau platform desain grafis lainnya. Dari referensi yang ada, coba diskusikan dan kembangkan lagi agar cocok dengan tema acara.

2. Atur Timeline yang Rapih

Timeline yang baik akan sangat membantu kamu dalam bekerja. Umumnya acara kampus yang tergolong besar mempunyai periode waktu 3-4 bulan.

Mulai atur timeline dengan membagi tenggat desain, misal desain publikasi di media sosial setiap minggunya dan desain barang-barang cetak satu bulan sebelum hari H acara.

3. Saling Membagi Tugas

Divisi tak ada artinya jika tidak saling membagi tugas dalam bekerja. Setiap orang pasti punya kapasitasnya masing-masing, sehingga penting untuk membagi tugas.

Apalagi untuk divisi media dan desain yang terus menerus bekerja dari awal hingga hari H acara. Belum lagi kalau digabung dengan divisi dokumentasi, pasti bekerja sampai akhir acara tuh. Maka dari itu, pembagian tugas penting agar bekerja menjadi lebih efektif.

4. Usahakan Jangan Ngedeadline

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN