Mohon tunggu...
Rifdah Zakiyya
Rifdah Zakiyya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Poltekkes kemenkes Yogyakarta

Nonton, menulis, membaca

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Hidup dalam Kesederhanaan pada Zaman Kekinian

18 Agustus 2022   14:00 Diperbarui: 18 Agustus 2022   14:33 78 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
hidup sederhana akan membuat kita nyaman. Sumber: kemdikbud.go.id 

Sederhana itu kata yang sering sekali kita dengar, apakah kata sederhana itu? Sederhana itu perilaku yang mengedepankan kebutuhan dan bukan dari  kemauan diri, misalnya kita butuh tempat tinggal, makan, minum, pakaian dll. Lantas apa hubungan nya sederhana dalam hidup? 

Hubungan antara kata sederhana dalam hidup itu sebagai berikut:

  • Tempat tinggal merupakan kebutuhan manusia yang harus di penuhi tetapi apabila sudah terpenuhi terkadang manusia ingin memewahkan rumah hal tersebut bukan termasuk dalam hidup yang sederhana. Sesuatu yang di katakan sederhana itu kita merasa cukup dengan apa yang kita punya (Qonaah) pasti kita akan berfikir bahwa kita itu tidak bisa hidup sederhamna, padahal kita bisa dengan cara kita hidup itu jangan melihat ke atas terus semakin kita melihat kehidupan yang di atas atau orang yang kaya semakin kita ingin menjadi seperti mereka juga dan hidup kita susah untuk sederhana.
  • Makanan adalah suatu kebutuhan kita yang harus kita penuhi dan dalam memilih makanan juga berdasarkan kebutuhan saja jangan penuhi keinginan saja akan tetapi ingat juga kebutuhan nya. Makanlah makanan yang bergizi seperti makan yang empat sehat  lima sempurna seperti sayur, buah, susu, lauk pauk dan buah-buahan makanlah juga makanan yang seimbang untuk memenuhi keseimbangan tubuh.
  • Minuman adalah cairan yang sangat di butuhkan oleh tubuh, tanpa cairan tubuh akan merasakan dehidrasi maka minumlah hanya air bening dan air putih saja.
  • Pakaian seperti yang kita tahu bahwa pakaian merupakan kebutuhan yang sangat utama, akan tetapi pilihlah pakaian yang hanya di butuhkan saja dan jangan mengejar brand nya agar hidup kita juga bisa sederhana.

            

Saya sendiri dari keluarga yang sederhana, makna sederhana juga bukan berarti kita hidup dalam kesusahan makna sederhana itu mencakup semua hal-hal yang tidak melebihi batas. Terkadang banyak orang yang merasa bahwa hidup sederhana itu nanti kita merasakan gengsi yang besar. 

Benar sekali, apabila kita hidup sederhana rasa gengsi itu lebih besar dari pada percaya diri. 

Seperti yang saya rasakan saya setiap hari pasti merasalkan gengsi yang sangat besar tetapi ingatlah bahwa sederhana itu merujuk pada hemat dan hemat merupakan pangkal kaya. 

Kesederhanaan juga membuat kita semakin bersyukur atas apa yang kita punya, dan Namanya juga manusia yang sifatnya tidak akan puas denga napa yang dimilikinya dan itu menjadi salah satu faktor hidup yang dedonisme (bermewah-mewahan). 

Disini kita bukan hidup dalam kesengsaraan tetapi kita juga harus mengedepankan apa yang kita butuhkan dari pada yang kita inginkan karna kalua apa yang kita inginkan pasti kita tidak aka nada ujungnya. 

Saya pernah mengalami saat saya benar-benar merasa gengsi pada lingkungan yang saya tinggali saya merasa sangat keserhana daan kadang saya dianggap lebih ke hemat tetapi pelit padahal saya hanya meneruskan kebiasaan di dalam keluarga saya.

RIFDAH ZAKIYYA

Mahasiswa Kebidanan Polkesyo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan