Mohon tunggu...
Rifan Zaini
Rifan Zaini Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa/ Sekretaris Dema/ Institut Ilmu Keislaman Annuqayah

menulis karya ilmiah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Orang Tua dalam Mengatasi Kecanduan Game Online

22 Maret 2023   17:16 Diperbarui: 22 Maret 2023   18:13 433
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERAN ORANG TUA DALAM MEMBATASI KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK DI DESA TAMBAAGUNG TENGAH, AMBUNTEN

ABSTRAK

In recent years, the discovery of tecnolofical tools in the era of globalization is very rapid. The development of science anda technology is also increasingly sophisticated. This can cause influencing patterns of human behavior. On that can affect the mindset of humans is gadgets. Gadget is a modern medium by doing an interaction easily, especially in interacting with ech other. The influence of human behavior has provided benefits and convenience for humans ranging from the benefits of science, education anda entertainment. Various facilities can be accessed by using the internet. The problem that is the focus of this reserch is the role of parents in overcoming children who are addicted to online games and the success of parents in providing playing time limits for children who play online games too often until late at night. According to the type of research, this type of reseach includes field research with a qualitative descriptive approach, namely a research procees that reguires a long span of time in a certain environment from a number of individuals in research field. The data that will be used in this research is qualitative data. The data collection method used is an indepth observations of children who areaddicted to online games. The analysis used in further observational analysis to get an idea of things related to online game addiction in children. In the last stage, carry out an in-depth overall interpretation in understanding of the researcher and the conclusions obtained. Informants in the study were 3 parents whose children had addiction to online games where the researchs immediately found out and directly interviewed an interviewer with a single respondent, with the role of parents guiding children in using gadgets in this era of globalization, looking for causes of online game addiction, processing information, and the reality of online game addiction in the field. Conclusions are always tested for their correctnees and suitability, which in this case becomes the validity of data so that later conclusions will be clear.

Pada akhir-akhir belakang ini, penemuan alat teknologi di era globalisasi sangat pesat. perkembangan ilmu pengetahuan dan juga teknologi semakin canggih. Hal inilah yang bisa menyebabkan memengaruhi pola perilaku manusia. Salah satu yang bisa memengaruhi pola pikir manusia adalah gadget. 

Gadget merupakan suatu media modern dengan melakukan sebuah interaksi dengan mudah terutama pada melakukan interaksi satu sama lainnya.  pengaruh pola perilaku manusia telah memberikan mamfaat dan kemudahan bagi manusia mulai dari manfaat ilmu pengetahuan, Pendidikan dan hiburan. Berbagai kemudahan dapat diakses dengan menggunakan internet.  

Masalah yang menjadi fokus dalam riset  ini adalah peran orang tua dalam mengatasi anak yang kecanduan game online dan keberhasilan orang tua dalam memberikan Batasan waktu bermain pada anak yang terlalu sering bermain game online sampai larut malam.  

Menurut jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan(field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni suatu proses penelitian yang membutuhkan rentang waktu yang cukup lama dalam satu lingkungan tertentu dari sejumlah individu di lapangan penelitian. 

Data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi secara mendalam dengan informan-informan serta melakukan pengamatan yang lebih mendalam melalui observasi kepada anak-anak yang kecanduan game online. 

Analisas yang digunakan ialah Analisa observasi lebih lanjut untuk mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ketagihan game online pada anak. pada tahap terakhir melakukan penafsiran secara keseluruhan yang mendalam dalam memahami keseluruhan hasil peneliti dan kesimpulan yang didapatkan. 

Informan pada penelitian ada 3 orang tua yang anaknya memiliki kecanduan game online dimana peneliti langsung mencari tahu dan memawancarai langsung seseorang pewawancara dengan responden tunggal, dengan peran orang tua yang membimbing anak dalam penggunaan gadget di era globalisasi ini, Mencari penyebab kecanduan game online, menatah keterangan, dan wujud realitas kecanduan game online di lapangan. Kesimpulan-kesimpulan senantiasa diuji dalam kebenarannya dan kecocokannya yang dalam hal ini menjadi validitas data sehingga nantinya akan mendapatkan kesimpulan yang jelas kebenarannya.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Bentuk perilaku anak di Desa Tambaagung Tengah mengalami kecanduan game ialah game baru yang terus bermunculan akibat semakin perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, adanya tersedianya wifi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun