Mohon tunggu...
Rif Anuddin
Rif Anuddin Mohon Tunggu... Guru - Penulis, Guru

Guru. Pengkaji bahasa dan pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Mengelola Kelas Besar

16 September 2021   23:07 Diperbarui: 16 September 2021   23:13 96 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tips Mengelola Kelas Besar
Sumber ilustrasi: Campus Explorer

Mengajar di kelas dengan jumlah siswa yang cukup besar merupakan potret keseharian yang dijalani mayoritas guru di Indonesia. Kondisi ini seringkali menyulitkan guru dalam mengelola kelas sehingga kegiatan pembelajaran menjadi tidak efektif. 

Padahal, dengan beberapa trik, situasi seperti ini dapat disiasati dan justru dapat menjadi sebuah kondisi yang menguntungkan dan meringankan guru. 

Tulisan ini dimaksudkan untuk berbagi langkah-langkah bagaimana cara menyiasati kegiatan pembelajaran di kelas dengan jumlah siswa yang besar agar dapat menjadi lebih efektif dan tidak melelahkan. 

Trik-trik yang akan dibahas efektif diterapkan dalam pengajaran Bahasa Inggris namun bisa juga diterapkan untuk mengajar mata pelajaran lainnya. 

Beberapa trik yang akan saya bahas sebagian besar saya rangkum dari artikel menarik yang ditulis oleh Susan Renaud, Elizabeth Tennenbaum, dan Phillip Stantial berjudul Student-Centered Teaching in Large Classes with Limited Resources (2007).

Berikut beberapa langkah praktis yang dapat dilakukan guru:

Awali pembelajaran dengan membuat kesepakatan kelas

Kesepakatan kelas adalah tata tertib yang dibuat bersama siswa yang sebaiknya dilakukan pada awal masa pembelajaran seperti awal semester. 

Kesepakatan kelas adalah alternatif yang lebih efektif dan inklusif untuk mengganti 'gaya lama' dimana guru atau sekolah menyusun peraturan dan tata tertib yang harus diikuti oleh seluruh siswa dimana siswa tidak dilibatkan dalam penyusunannya. 

Kesepakatan kelas merupakan kesepakatan yang dibuat bersama-sama murid dan guru. Langkah yang dapat dilakukan adalah guru dapat membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil 3-4 orang.

Masing-masing kelompok diberi selembar kertas dan diminta mendiskusikan suasana kelas seperti apa yang mereka inginkan dan menuliskan dalam bentuk beberapa kalimat pernyataan berupa tata tertib beserta konsekuensinya. Hindari penggunaan kalimat negatif seperti 'Dilarang...' atau 'Jangan...'. Pastikan juga konsekuensi yang dibuat oleh siswa adalah penerapan disiplin positif. Hindari hukuman, disiplin negatif, apalagi dalam bentuk kekerasan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan