Mohon tunggu...
Rifan Nazhip
Rifan Nazhip Mohon Tunggu... Menebus bait

Karyawan swasta dan penulis. Menulis sejak 1989 sampai sekarang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tentang Kelapa Hijau yang Perlu Diketahui

4 Desember 2019   11:02 Diperbarui: 4 Desember 2019   11:08 0 2 0 Mohon Tunggu...
Tentang Kelapa Hijau yang Perlu Diketahui
sumber ilustrasi : http://kelapawulungjogja.blogspot.com/

Setiap orang  sudah terbiasa dengan kelapa,  apalagi seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan. Pola tumbuh, bahkan biar pun bijinya tak menyentuh tanah, tumbuhan satu ini masih bisa bertunas. Tak salah buah kelapa yang sedang bertunas  dijadikan Pramuka sebagai lambang ketangguhan, yang bisa diandalkan di mana saja. Namun keberadaan kelapa sawit yang menggerus eksistensi kelapa di bumi nusantara, sehingga negeri nyiur melembai juga penghasil kopra terkenal, lambat laun menghilang.

Buah kelapa hampir setiap hari masuk ke dapur bunda berupa  santan. Meskipun belakangan ini orang sering menjadikan santan sebagai momok kolesterol, tetap saja rasa gurihnya tak dapat ditinggalkan orang.

Tapi apakah kamu tahu ada varian buah kelapa yang menjadi maskot kesehatan sebagian kalangan? Tentu saja dia adalah kelapa hijau atau kelapa ijo / kelapa wulung. Seringkali di pangkalan kelapa muda (dogan), kelapa hijau ini ditemukan. Meskipun sebagian orang menganggap rasa buah kelapa hijau tidak seenak kelapa biasa, tapi tetap saja harganya lebih tinggi. Dan bukan perkara mudah untuk mendapatkan buah  satu ini.

Apa saja hal yang membedakan buah kelapa biasa dengan buah kelapa hijau?

  1. Akar bibit kelapa hijau yang masih berumur satu atau dua bulan bila dikupas berwarna  merah, sementara akar kelapa biasa berwarna putih.
  2. Buah kelapa hijau muda bila dibelah atau dikupas, seratnya berwarna kemeran-merahan nyaris pink, sedangkan kelapa biasa muda berwarna coklat pucat, hampir putih.
  3. Air kelapa hijau sedikit asam dan kurang menyegarkan. Berbeda dengan kelapa biasa yang segarnya nempel di lidah bahkan terkadang menggigit seperti minum soda. Anehnya biarpun air kelapa hijau sedikit asam, tapi daging buahnya lebih manis dari daging buah kelapa biasa.

Meskipun khasiat kelapa hijau hampir sama dengan kelapa biasa, tapi kelapa hijau lebih dipercaya sebagai obat.

  1. Bagi pengidap penyakit degeneratif yang harus rutin mengonsumsi obat seumur hidup, terkadang timbul ketakutan bahwa obat kimia akan menumpuk toksin di dalam tubuh. Bahkan ada ketakutan bila terlalu banyak mengonsumsi obat, pengaruhnya bisa menyerang ginjal, atau komplikasi. Dengan air kelapa hijau dipercaya bahwa efek buruk obat kimia bisa dinetralisir. Yakni dengan cara paling tidak seminggu sekali mengonsumsi air kelapa hijau. Dan  saat mengonsumsinya tidak boleh berbarengan dengan minum obat. Paling tidak jaraknya sekitar tiga jam. Sebab bila dikonsumsi dengan waktu bersamaan, kemungkinan khasiat obat kimia akan dinetralisir air kelapa hijau.
  2. Air kelapa hijau akan memperbaiki masalah pencernaan, yang biasa diawali oleh susah buang air besar atau sembelit. Air kelapa hijau akan mengurai racun dan sampah di dalam perut, hingga kamu akan mudah buang air besar.
  3. Bagi kamu yang ingin sekali diet berhasil, maka tak ada salahnya mengonsumsi air kelapa hijau pengganti obat diet. Air kelapa hijau mengandung kalori dan gula rendah.
  4. Bagaimna kalau kamu seringkali mumet atau stress apalagi pada saat writer's block? Tentu tak ada salahnya kamu mengonsumsi buah berkhasiat ini.
  5. Ketika kamu atau siapa saja keracunan, misalnya makanan, air kelapa hijau adalah pertolongan pertama yang bisa menjadi pilihan.
  6. Air kelapa hijau juga dipercaya mampu menyembuhkan alergi kulit, dan bagus dikonsumsi ibu hamil.
  7. Tentu saja minuman satu ini akan membuatmu lebih muda dan berwajah ceria, karena dia akan menghidrasi kamu, juga akan membantu mengurangi rambut rontok.
  8. Jika memiliki kolesterol tinggi boleh juga mencoba asupan kelapa hijau di samping obat kimia tentunya.
  9. Andai kamu senang meminum berbagai macam energy  drink, maka segera ganti dengan air kelapa hijau, yang juga memiliki khasiat menambah energi dan stamina. Karena energy drink memiliki efek samping akan menggangu kerja jantung, artinya memaksa jantung bekerja keras.

Demikian sekelimut hal yang perlu diketahui tentang kelapa hijau. Tak ada salah kamu sesekali berburu kela hijau. Harganya tidak terlalu mengoyek kocek. Paling murah sepuluh ribu, dan rata-rata lima belas ribu per buah,

Sumber 1 Sumber 2

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x