Mohon tunggu...
Muhammad Rifai Malik
Muhammad Rifai Malik Mohon Tunggu... Mahasiswa

Semua Murid, Semua Guru.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Rumah Kopi Bogor: Menjadikan Kopi Bogor Tuan Rumah di Bogor Itu Sendiri

16 Oktober 2020   21:23 Diperbarui: 17 Oktober 2020   16:24 72 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rumah Kopi Bogor: Menjadikan Kopi Bogor Tuan Rumah di Bogor Itu Sendiri
Gerbang depan Rumah Kopi Bogor| Dokpri

Pernahkah anda mendengar istilah Kopi Bogor? Dalam artian Kopi asli yang di tanam dan diproduksi di kota ataupun kabupaten Bogor yang menghasilkan (output) Kopi Bogor asli.

Faktanya belum banyak yang tahu bahwa Kabupaten Bogor adalah penghasil kopi terbesar se-Jawa Barat. Melihat data dari Badan Pusat Statistik Provinsi (BPSP) Jawa Barat per- 2018 yang merilis bahwa Kabupaten Bogor menduduki peringkat pertama untuk produktifitas kopi. 

Dengan luas areal 3.170,00 ha kabupaten Bogor mampu memproduksi 2.086,00 ton/tahun disusul oleh Kabupaten Sukabumi dengan luas areal 643,00 ha dengan 114,00 ton/tahun untuk skala perkebuanan rakyat.

Ketika tren kopi mulai digandrungi belakangan ini coffee shop pun mulai banyak bertebaran tak terkecuali di kota Bogor. Berbeda dari coffee shop lainnya, salah satu coffee shop ini sangat wajib anda coba karena menyajikan seduhan kopi 100% asli yang di tanam di tanah kota hujan ini. 

Berbagai racikan kopi dengan berbahan dasar kopi asli Bogor ditawarkan di sini mulai dari racikan kopi robusta bahkan arabica tak luput minuman pendamping lainnya juga pilihan camilan yang beragam. 

Rumah Kopi Bogor namanya berlokasi di Komplek Bukit Cimanggu City, Jalan Sholeh Iskandar – Tanah Sareal Bogor (20 meter dari Polsek Tanah Sareal Bogor).

Berbagai jenis kopi hasil roasting Rumah Kopi Bogor.|Dokpri
Berbagai jenis kopi hasil roasting Rumah Kopi Bogor.|Dokpri
Dialah Ismanto Danu pemilik Rumah Kopi Bogor ini. Ismanto atau akrab di panggil kang Ismu menuturkan bahwa Kabupaten Bogor adalah penghasil kopi terbesar se-Jawa Barat namun kopi bogor belum dikenal luas bahkan oleh warganya sendiri, masih kalah pamor dengan kopi Gayo, kopi Aceh, dan kopilainnya yang telah lama mendominasi dunia perkopian di Indonesia. Karena sebenarnya kopi yang di tanam di bogor tidak kalah dengan kopi lainnya baik dari segi kualitas bahkan cita rasa bisa bersaing.

Maka perlulah suatu usaha konkrit dari semua subsektor agar kopi bogor ini berjaya dan dikenal luas terkhuhus oleh warganya sendiri, warga Bogor.

Salah satunya dengan hadir Rumah Kopi Bogor ini sebagai sebuah usaha nyata membumikan kopi asli Bogor yang dikelola Kang Ismu.

“Sebelumnya aku pernah menggeluti usaha yang sama, yaitu Kota Hujan Kopi dengan menggunakan bahan baku kopi nusantara (kopi berbagai daerah di Indonesia) didaerah Cilebut. Waktu itu udah ada skema dan ide untuk buat Rumah Kopi Bogor namun masih terkendala dari suplayer yang menjual/memproduksi kopi asli dari bogor. Terus awal kenal dengan petani Bogor ketika kawan yang lounching kedai kopinya, saya diundang. ketemu para petani disitu. Waktu itu saya nanya ke petani: pak punya kopi berapa? di balikin, lu punya duit berapa?...Dari situlah semangat timbul membuat Rumah Kopi Bogor”. ungkapnya saat diwawancarai penulis di Rumah Kopi Bogor (16/10/20).

Kopi Bogor di sore hari yang sedikit terlihat view Gunung Salak.|Dokpri
Kopi Bogor di sore hari yang sedikit terlihat view Gunung Salak.|Dokpri
Awal pembukaan tak seluas sekarang dan masih banyak kekurangan. Namun kini sudah dilakukan perluasan dan penambahan fasilitas juga dekorasi jadi bisa ngopi indoor maupun outdoor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x