Mohon tunggu...
Muhammad Rifai Malik
Muhammad Rifai Malik Mohon Tunggu... Mahasiswa

Semua Murid, Semua Guru.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Mimpi Sang Petani Hidroponik, "Kampung Wisata Lembur Hejo"

27 Juli 2020   13:44 Diperbarui: 27 Juli 2020   16:21 62 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mimpi Sang Petani Hidroponik, "Kampung Wisata Lembur Hejo"
Deby Juliansyah (36) menunjukkan hasil pembudidayaan sayuran di Hidroponik Lembur Hejo, Salada Hijau segar, Senin (27/07/2020).

Hidroponik Lembur Hejo itulah nama yang di sematkan pada tempat pembudidayaan sayuran hidroponik di kampung Pabuaran Hilir RT. 03/RW. 05 Desa Sukatani, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Deby Juliansyah (36) selaku pembina mengungkapkan, penamaan Hidroponik Lembur Hejo tidak lain adalah sebuah doa juga harapan untuk lingkungan kampung Pabuaran Hilir agar warganya bisa memanfaatkan lahan maupun pekarangan rumah untuk penghijauan. Setiap lahan yang ada bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran karena selain lebih produktif hasilnya pun bisa di konsumsi.

Kepada penulis, Deby mengaku awal mula menekuni hidroponik ketika melihat salah satu temannya yang menekuni hidroponik juga. Kemudian ia memutuskan untuk melihat langsung dan mencoba secara otodidak dengan memanfaatkan peralatan sederhana dan berhasil pada percobaan pertama.

"Waktu itu sering lihat status whatsapp temen yang upload foto hidroponik. Kemudian saya coba silaturahmi dan melihat-lihat terus saya coba otodidak dirumah dengan peralatan sederhana, pake botol dan styrofoam bekas dan berhasil. 

"Waktu itu saya coba nanem sayuran kangkung. Dari percobaan pertama itu dengan hasil bagus kemudian saya termotivasi dan saya tekuni hingga saat ini."ungkapnya saat di temui di Green House Hidroponik Lembur Hejo, Senin (27/07/2020).

Lambat laun, beberapa pemuda dan warga mulai tertarik dengan apa yang ia kerjakan. Hidroponik, bagi pemuda dan warga setempat adalah cara baru dalam dunia pertanian. 

Dari situ Deby mulai mengajarkan dan menanam bersama dengan memanfaatkan atap rumahnya sebagai lahan. Ia mulai membuat green house sederhana dengan material bambu yang di tutupi dengan jaring paranet.

Untuk pengembangannya, ia dan pengurus mencoba mengajukan proposal ke Desa dengan bantuan BPD setempat dan mendapatkan respon yang positif.

"Kita mencoba mengajukan 2 kali proposal ke desa untuk pelatihan hidroponik dan pengembangannya dengan bantuan BPD perwakilan RW 05."ucapnya.

Sayuran Pakcoy segar yang ada di Hidroponik lembur Hejo.
Sayuran Pakcoy segar yang ada di Hidroponik lembur Hejo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x