Mohon tunggu...
Rido Sandi Setiawan
Rido Sandi Setiawan Mohon Tunggu... Pemuda islam

Pemuda islam yang menyukai dakwah islam melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Indonesiaku Tercinta, Aku Mencintaimu

17 Juni 2021   10:40 Diperbarui: 17 Juni 2021   10:43 32 2 0 Mohon Tunggu...

Indonesia merupakan negara yang berdiri dengan jasa para pahlawannya. Kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 17 Agustus 1945 diperoleh tidak dengan santai-santai dan malas-malasan, namun diperoleh dengan perjuangan yang hebat, kuat nan kokoh yang dipersembahkan oleh para pahlawan bangsa Indonesia dengan pengorbanan jiwa, raga dan harta yang begitu banyak. Maka kita sebagai generasi penulis bangsa hendaknya menjaga keutuhan bangsa Indonesia dan berusaha memajukan bangsa Indonesia dari segala sisi kehidupan termasuk dibidang ilmu-ilmu pengetahuan dan teknologi serta tidak lupa untuk menghargai jasa-jasa mereka.

Bangsa Portugis, Spanyol, Belanda, Jepang, inggris serta bangsa komunis sang pengkhianat bangsa. Merekalah para penjajah yang pernah membuat kekacauan dan kerusakan serta penindasan terhadap bangsa Indonesia dan para warganya. Lebih dari 350 tahun bangsa Indonesia dijajah oleh para penjajah, namun tidak satupun dari mereka berhasil meruntuhkan, menjatuhkan, menghanguskan serta menguasai seluruh jagat tanah bangsa indonesia.

Maka sungguh hal yang sangat wajar jika suatu kaum begitu kagum ketika mendengar serta melihat keberanian dan ketangkasan yang dimiliki oleh para pahlawan bangsa indonesia atas perjuangan mereka dalam melindungi tanah bangsa Indonesia.

Wahai generasi penerus bangsa Indonesia, hargailah perjuangan para pahlawan dengan belajar sungguh-sungguh dan bekerja sungguh-sungguh serta gapailah prestasi sebanyak-banyaknya agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan menjadi percontohan oleh bangsa-bangsa yang lain atas kemajauan positif yang dimiliki bangsa Indonesia.

Dengan kemajuan keilmuan yang dimiliki oleh generasi penerus pada suatu bangsa akan berdampak besar pada kemajuan bangsa tersebut.

Ketika generasi penerus bangsa memiliki rasa cinta yang kuat kepada bangsanya maka kesungguhannya dalam menjaga keutuhan bangsa dan memajukan bangsa akan kuat.

Maka merupakan hal yang sangat penting, jika suatu bangsa mengedepankan pendidikan agama, Pendidikan akhlak dan pendidikan kewarganegaraan atas pendidikan ilmu-ilmu yang lain. Karena, apabila generasi penerus bangsa memiliki penjiwaan agama yang kuat, akhlak yang baik didalam kehidupan, rasa cinta bangsa yang tinggi maka akan berdampak kemajauan yang positif pada bangsa tersebut. Sungguh sangat penting sekali penanaman tiga pendidikan tersebut pada generasi penerus bangsa di usia dini.

Setelah tertanam tiga pendidikan tersebut pada diri-diri generasi penerus bangsa, langkah yang harus  dilakukan oleh suatu bangsa demi kemajuannya yaitu dengan mengadakan pendidikan tentang ilmu-ilmu pengetahuan dan teknologi kepada generasi penerus bangsa, sehingga suatu bangsa akan maju dari berbagai aspek kehidupan.

Termasuk hal yang sangat merusak suatu bangsa jika generasi penerusnya ahli di bidang ilmu-ilmu pengetahuan dan teknologi namun dari segi ilmu agamanya dan penerapan akhlaknya sangat buruk. Maka akan berdampak buruk pada kemajuan suatu bangsa dan akan terjadi hal-hal seperti korupsi yang meraja Lela, kecurangan meraja Lela, aksi suap-menyuap yang meraja Lela, aksi saling tindas menindas yang meraja Lela, aksi penyelundupan narkoba yang meraja Lela, bahkan aksi saling merebut kekuasaan dan hal-hal yang buruk lainnya.

Oleh karena itu, jika bangsa kita bangsa Indonesia ingin menjadi bangsa yang maju dan menjadi bangsa percontohan oleh bangsa-bangsa lain disisi positif. Hendaknya memajukan pendidikan agama, melakukan revolusi akhlak, memberikan pendidikan sejarah berdirinya bangsa Indonesia terhadap generasi penerus bangsa Indonesia, kemudian barulah memajukan pendidikan ilmu-ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap generasi penerus bangsa. Maka akan terwujud cita-cita bangsa Indonesia yang didambakan oleh bangsa Indonesia.

  

 

VIDEO PILIHAN