Mohon tunggu...
Ridita
Ridita Mohon Tunggu... hanya untuk tugas kuliah.

for academic purpose only

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UNS Dukung Pengembangan Produk Lokal

28 Februari 2021   16:32 Diperbarui: 28 Februari 2021   16:44 140 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS Dukung Pengembangan Produk Lokal
(dok. pribadi, 2021)

Pada 12 Januari 2021 Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar acara Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara virtual yang dilakukan secara simbolis oleh Budi Arie Setiadi, S.Si., M.Si. yang merupakan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia dan dihadiri oleh Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. selaku rektor Universitas Sebelas Maret serta Bupati Karanganyar, yakni Drs. Juliyatmono, M.M.

KKN periode Januari-Februari 2021 kali ini UNS memberikan pilihan tema yang menarik mulai dari Kesehatan Masyarakat hingga Industri Kreatif serta membagi mahasiswa menjadi 10 orang dalam setiap kelompok. 

Mahasiswa KKN Kelompok 109 sendiri melaksanakan kegiatan KKN-nya di Desa Demangan, Kec. Sambi, Kab. Boyolali, Jawa Tengah dengan mengusung program kerja utama Pelatihan Pembuatan Produk Lokaldan Pelatihan Kewirausahaan. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pembuatan Produk Lokal dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Januari 2021 bersama warga setelah melaksanakan kegiatan senam pagi. 

Dalam kegiatan tersebut produk yang dihasilkan berupa stik dan sempol menggunakan bahan dasar tahu, tahu sendiri dipilih selain karena mudah dicari dan murah juga karena terdapat pabrik tahu di Desa Demangan itu sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada warga bahwa tahu tidak hanya bisa dijadikan lauk tetapi bisa juga diolah menjadi makanan ringan dan olahan tersebut dapat menjadi peluang bisnis.

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan sendiri mengambil tema Pelatihan Branding Produk Lokal yang dilaksanakan pada Minggu, 14 Februari 2021 bertempat di Balai Desa Demangan. Kegiatan ini bekerja sama dengan karang taruna desa setempat dan mendatangkan dua pembicara, yakni Ibu Rahayu Endang K. dari Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Boyolali dan Syifa Khusnul Khotimah yang merupakan seorang pengusaha muda dan memiliki brand bernama Lemonih. Peserta kegiatan ini merupakan warga Desa Demangan, diharapkan setelah dilaksanakannya kegiatan tersebut warga semakin semangat untuk membuat usaha dan mengerti bagaimana cara yang menarik dan kunci untuk memasarkan produk usaha mereka.

Mahasiswa KKN juga melakukan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, seperti Sosialisasi Pengelolaan Sampah, Penyuluhan Pengolahan Limbah Tahu, Pelatihan Pengelolaan Website Desa Demangan, Bimbingan Belajar, dan Pembuatan Video Profil dan Potensi Desa Demangan

Terdapat pula program penunjang lainnya, yaitu melakukan pengajaran secara daring dan luring, mengadakan penyuluhan mengenai Tanaman Obat Keluarga, menyebarluaskan infografis melalui media sosial dan membagikan sabun cuci tangan sekaligus poster mengenai protokol kesehatan, pelatihan budidaya lele dan kangkung dalam ember, dan penyuluhan mengenai PHBS. 

Untuk kegiatan-kegiatan penunjang dilaksanakan di domisili masing-masing mahasiswa, sementara kegiatan lainnya dilaksanakan di Desa Demangan. Semua kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

VIDEO PILIHAN