Mohon tunggu...
Ridho RiskiHadi
Ridho RiskiHadi Mohon Tunggu... Wiraswasta - welcome

Hay Teman-Teman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendampingan Pembelajaran RA/KB Dahlia di Desa Argoyuwono, Ampelgading, Malang

18 Januari 2022   11:29 Diperbarui: 18 Januari 2022   11:54 104 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Portrait guru RA/KB Dahlia bersama mahasiwa KKN Peduli Semeru Universitas Negeri Malang (dokpri)

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam suatu negara untuk unggul dalam persaingan global. Pendidikan dianggap sebagai bidang yang paling strategis untuk mewujudkan kesejahteraan nasional. 

Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkarakter merupakan prasyarat terbentuknya peradaban yang tinggi. Begitu juga dengan sebaliknya, SDM yang rendah akan menghasilkan generasi yang kurang baik. 

Pendidikan yang menjadi dasar untuk membentuk anak yang berkualitas adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Salah satunya pendidikan RA/KB Dahlia bertempat di RT 10 RW 03 Dusun Argosuko, Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang yang terletak di lereng barat daya Gunung Semeru. 

Senin (10/01) RA/KB Dahlia berdiri sejak  mahasiswa KKN Kolaborasi PTN Jatim Peduli Semeru zona 4 Universitas Negeri Malang turut serta mendampingi pembelajaran di RA/KB Dahlia Desa Argoyuwono. TK A terdiri dari sebelas anak yang tercampur dengan kelas KB (Kelompok Bermain) serta TK B terdiri dari lima anak. 

Dengan Bu Sulis serta Bu Desi selaku pengelola RA/KB Dahlia. Perlu diketahui setahun yang lalu RA/KB Dahlia tidak berorganisasi dikarenakan minimnya guru dan murid. RA/KB Dahlia setiap harinya masuk dimulai hari senin hingga sabtu. 

Selama satu minggu mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang pendampingan pembelajaran menggunakan tema tempat-tempat rekreasi, selama pandemi Covid-19 pembelajaran dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 10.00, untuk kegiatan pagi hari anak-anak mengulas kembali bercerita mengenai pembelajaran hari kemarin, dilanjutkan dengan subtema baru yang sudah tersusun serta pemberian tugas yang saling berkaitan selama satu minggu, pada pukul 08.45 hingga pukul 09.15 anak-anak istirahat, lalu pada pukul 09.20 masuk kelas dan mahasiswa KKN zona 4 Universitas Negeri Malang mengajak anak-anak untuk bernyanyi secara bersama dengan mengikuti kemauan mereka sendiri. 

Pendampingan pembelajaran di RA/KB Dahlia dilakukan selama 1 minggu, untuk setiap harinya ada 3 mahasiswa KKN Peduli Semeru zona 4 melakukan pengajaran di RA/KB Dahlia. Anak-anak sangat antusias dengan kedatangan kami untuk belajar bersama.

Potrait kegiatan pendampingan pembelajaran RA/KB Dahlia (dokpri)
Potrait kegiatan pendampingan pembelajaran RA/KB Dahlia (dokpri)

Kegiatan Program Kerja pendampingan pembelajaran di RA/KB Dahlia berakhir pada hari sabtu (15/01). Acara perpisahan dilakukan dengan bermain diluar kelas yang saling berkaitan dengan tema tempat-tempat rekreasi, seperti: bermain pasir, menghitung bola, menyusun puzzle gambar tempat rekreasi, serta memasukkan air ke dalam botol. 

Setelah itu anak-anak membereskan mainan yang sudah di pakai, dan mencuci tangan secara bergantian, lalu istirahat. Pada pukul 09.15 anak TK A dan TK B masuk kelas jadi satu ruangan, selaku mahasiswa KKN zona 4 meminta maaf selama pembelajaran jika banyak salah pada anak-anak, guru, serta wali murid. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan