Mohon tunggu...
Ridha Afzal
Ridha Afzal Mohon Tunggu... Nurse

#IndonesianCaretakingTraveler

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

The Secret of 62.524 Clicks on My Article, in Just Two Days

20 Agustus 2020   20:21 Diperbarui: 20 Agustus 2020   21:15 145 17 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
The Secret of 62.524 Clicks on My Article, in Just Two Days
Dokpri 

Newbie di Kompasiana

Pada tanggal 16 Februari 2020 saya gabung Kompasiana. Sebagai newbie, belum tahu banyak tentang sepak terjang Kompasianers. Saya lebih banyak menyimak dari pada berpartisipasi aktif. Belum ada niatan serius untuk menulis rutin.

Mulai tergerak untuk aktif menulis pada awal bulan suci Ramadan. Salah satu yang menyemangati adalah adanya lomba. Meski tidak mimpi untuk menjadi pemenang, tetapi saya ingin konsisten. 

Pada event tersebut, ada rasa 'bersalah' jika tidak membuat satu artikel sehari, sebagaimana persyaratan yang ditentukan oleh pihak penyelenggara lomba.

Dalam hati saya merasa 'bisa'. Maka mulailah.

Setiap hari saya nulis selama sebulan penuh. Nonstop. Ada perubahan mental tersendiri. Saya merasa diri ini mulai 'berubah'. Saya mulai merasa bahwa kedisiplinnan itu harus dimulai dari diri sendiri. Tidak perlu dipecut atau dibentak. Dan itu, lewat tulisan.

Bulan Mei, 2020, saya mulai menggenjot untuk melatih disiplin menulis. Meski saya melihat ratusan Kompasianer yang jauh di atas saya, mungkin ribuan artikel yang telah mereka buat, ratusan ribu poin yang diraih, status Biru melekat, puluhan Headline diperolehnya, saya tidak minder.

Yang penting saya harus jalan. Saya pikir mereka yang menggondol berbagai prestasi di Kompansiana ini, dulu pasti juga mulai dari Nol Besar. Dan itu, sudah bertahun lalu.  

Bagaimana Bisa Produktif

Kalau saya tidak berjalan saat ini, tidak bakal ada perubahan. Biarlah orang lain maju melebihi saya, asal saya hari ini tidak sepert kemarin. Besok pun saya harus lebih baik dari hari ini. Prinsip ini saya pegang.  

Komitmen menulis setiap hari harus jadi rumus. One Day One Article (ODOA). Itu komitmen saya. Dan itu saya lampaui. Sesudah sebulan berlalu, target saya terlampui. Saya menulis lebih dari 150% dalam satu bulan, saya menulis rata-rata 2 article sehari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x