Mohon tunggu...
Muhamad RidanAbdillah
Muhamad RidanAbdillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Sosiologi S1 Universitas Sultan Ageng Tirtaryasa

Seseorang yang hobi membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Siswa di Kelas

15 Desember 2023   09:50 Diperbarui: 15 Desember 2023   10:39 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak


Industri 4.0 memberikan dampak besar pada berbagai aspek kehidupan umat manusia. Salah
satunya adalah bidang pendidikan. Guru dan pelajar harus dapat beradaptasi dengan berbagai
kemajuan teknologi. Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan
dampak positif terhadap dunia pendidikan. Salah satunya adalah dengan hadirnya media
pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz yang dapat digunakan sebagai media evaluasi
pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kelayakan
media evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz, (2) Keefektifan pemahaman
siswa memahami soal secara mandiri, (3) peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian studi literatur. Teknik pengumpulannya dengan
mengumpulkan beberapa literatur penelitian terdahulu untuk menjawab kelayakan,
pemahaman, ketelitian dan manajemen waktu dengan penggunaan media pembelajaran
aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran. Selanjutnya, penelitian terdahulu yang
sudah dikumpulkan dikompilasi, dianalisis dan disimpulkan sehingga mendapat kesimpulan
bahwa pemanfaatan Quizizz sebagai media evaluasi yang dapat menunjang kegiatan
pembelajaran.


Kata Kunci: Media Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Quizizz, Media Game

HASIL DAN PEMBAHASAN

Kajian mengenai kelayakan media evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz tentang bagaimana quizizz ini dapat dikatakan layak. Penelitian yang dilakukan oleh M. Andra Aditiyawarman WD, dkk(2022) berjudul "Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran".Menemukan hasil dari penggunaan quizizz ini dalam melihat kelayakannya sebagai media pembelajaran, yakni 1)Meningkatnya siswa selama proses pembelajaran meningkat, karena aplikasi quizizz memiliki karakteristik aplikasi berbasis game dengan quiz interaktif;(2)Meningkatnya kemampuan siswa dalam memahami soal secara mandiri yang dibuktikan dari hasil pre-test, post-test, latihan soal, dan penguatan materi; (3) siswa berpartisipasi secara aktif di dalam kelas saat prosespembelajaran; (4)dengan adanya Batasan waktu dalam mengerjakan soal, penggunaan aplikasi quiziz dapat melatih ketelitian manajemen waktu bagi siswa saat mengerjakan soal; (5)Penggunaan aplikasi quiziz dapat melatih ketenangan peserta didik untuk mengerjakan soal atau kuis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media aplikasi Quizizz sangat efektif dan layak untuk digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran.

Kajian mengenai keefektifan pemahaman siswa dalam memahami soal secara mandiri. Penelitian yang dilakukan oleh M. Ardiansyah (2022) dengan judul"Efektivitas Pengunaan Platform Quizizz Dalam Mneingkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika" menyebutkan bahwa, penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 pesertai didik kelas VIII SMP Ma`arif Jakarta dengan menggunakan 10 soal konseptual dan kuesioner yang disajikan lewat aplikasiu Qizizz. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan pemahaman konsep peserta didik adalah 56% dan PlatformQuizizz dapat mempengaruhi minat belajar matematika. Hal ini menunjukkan tingkatpemahaman konsep peserta didik berada pada kategori sedangKajian mengenai peningkatan motivasi belajar setelah menerapkan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran. Penelitian yang dilakukan oleh Eka Ary Wibawa, dkk (2022) yang berjudul "Efektivitas Penggunaan Aplikasi quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Mahasiswa pada PembelajaranDaring" menemukan bahwa, efektivitas penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas control. Skor motivasi belajar kelas eksperimen mengungguli skor motivasi belajar kelas kontrol. Artinya dengan penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar. Implikasinya yaitu bila dosen ingin meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswanya dapat menggunakan aplikasi quizizz dalam penilaian pembelajaran.

Kemudian, penelitian yang dilakukan oleh Diah Lestari (2022) yang berjudul "Pemanfaatan quizizz untuk PTM pada Mata Pembelajaran Matetika",menemukan bahwa, penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran dapat membangkitkan kembali minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika yang selama pandemi ini mengikuti pembelajaran jarak jauh menjadi tantangan bagi guru matematika. Fitur-fitur quizizz yang menarik dan penggunaan yang mudah dapat menambah motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Sehingga Quizizz merupakan mediapembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan serta efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.penelitian selanjutnya dilakukan oleh Erlis Nurhayati (2020) yang berjudul "Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam pembelajaran Daring Melalui Media Game edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan penyebaran Covid-19" menemukan bahwa terdapat peningkatan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring dengan penggunaan aplikasi quizizz pada masa pencegahan penyebaran Covid-19 mata pelajaran IPS kelas VII.6 di SMP Negeri 1 Gangga semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Sesudah pelaksanaan pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada siklus I diperoleh rata-rata siswa yang aktif 56,25% dari 23 siswa,sedangkan siklus II diperoleh rata-rata 73,9%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan aplikasi berbasis game yaitu quizizz dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa di dalam kelas saat masapandemi covid-19 mata pelajaran IPS kelas VII.6 sebesar 17,65%

DAFTAR PUSTAKA


Aditiyawarman, M. A., Sondang, M., Hanifah, L., & Kusumayati, L. D. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media untuk Melaksanakan Evaluasi
Pembelajaran. Jurnal Penelitian, 7(1), 24-36.

 
Aini, A. Z. (2021). ARTIKEL: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan
Aplikasi Quizizz. Jurnal Dharma Pendidikan, STKIP PGRI
Nganjuk, 16(1), 84-92. 

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daringpelajaran matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun